Loading...

6 Cara untuk Mengatasi Haid Tidak Teratur

Haid atau menstruasi yang tidak teratur merupakan masalah umum yang bisa terjadi di kalangan ibu yang baru saja melahirkan, gadis yang mempunyai masalah dengan kelebihan berat badan dan juga wanita yang mengalami sindrom ovarium polikistik.

Haid yang tidak teratur tentu membuat tidak nyaman dan khawatir. Seperti yang dikutip dari laman onlymyhealth, ada cara alami untuk mengatasi haid atau menstruasi yang tidak teratur yang bisa Anda coba.

1. Jahe dan biji adas
Minum wedang jahe dengan madu dua kali dalam sehari secara teratur akan membantu mengatur siklus menstruasi. Selain itu, biji adas dengan rasa mint yang menyegarkan juga dianggap sebagai obat alami yang efektif untuk menstruasi yang tidak teratur.

loading...

2. Teh dan rempah-rempah
Blenderlah rempah-rempah seperti ketumbar, jahe dan daun teh untuk membuat pasta. Jika Anda tidak suka dengan rasa campuran ini, tambahkan lemon, madu, atau susu agar rasanya lebih enak.

Masaklah makanan dengan menambahkan beberapa sendok pasta tersebut sebagai bumbu tambahan. Para ahli herbal menyarankan agar Anda menggunakan rempah-rempah yang segar untuk membuat pasta.

3. Lobak dan susu mentega
Haluskan lobak dan tambahkan sedikit air, kemudian campur pasta lobak dengan susu mentega. Minumlah ramuan ini setiap hari di pagi hari untuk memperbaiki kondisi Anda. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, minumlah ketika perut masih dalam keadaan kosong.

4. Air tebu
Minumlah air sari tebu satu sampai dua minggu sebelum siklus menstruasi yang biasanya Anda dapatkan juga akan membantu mendapatkan menstruasi yang teratur.

5. Jus daun peterseli
Minum jus peterseli segar setidaknya sekali dalam sehari juga bisa membantu mengatur siklus menstruasi agar tetap lancar dan teratur.

6. Melakukan perubahan diet
Untuk membantu Anda mengatasi menstruasi yang tidak teratur, Anda bisa coba menjauhkan diri dari makanan pedas dan mengurangi konsumsi gorengan. Dan juga batasi untuk mengonsumsi permen dan makanan manis seperti cokelat dan kue. Hindari juga minum minuman berkafein dan alkohol.

Menjalani hidup bebas stres dan beristirahat yang cukup juga dipercaya bisa membantu mengatasi siklus menstruasi yang terganggu. Dan juga, hindari melakukan latihan berat selama lebih dari 30 menit sehari, karena bisa mengganggu keseimbangan hormon yang menyebabkan menstruasi tidak teratur.

Semoga dengan menerapkan beberapa tips dan cara di atas bisa membuat haid atau menstruasi Anda kembali lancar.

Loading...
6 Cara untuk Mengatasi Haid Tidak Teratur | inicarak | 4.5