Loading...

6 Jenis Makanan Penyebab Sembelit atau Susah Buang Air Besar

Sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seseorang mengalami pengerasan feses atau tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya.
Sembelit sungguh membua rasa tidak nyaman. Perut jadi begah, makan pun rasanya tak nikmat.

Ada banyak faktor penyebab sembeli atau susah buang air besar, diantaranya adalah kurang minum, kurang olahraga, stres, penyakit, konsumsi obat tertentu, hingga makanan minim serat.

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang bisa menyebabkan sembelit atau susah buang air besar:

loading...

Makanan Olahan

Beberapa contoh makanan olahan adalah makanan yang memiliki kandungan bahan pengawet, seperti makanan beku, sosis, burger, pizza. Selain minim serat, makanan tersebut juga cenderung kehilangan nutrisi penting untuk sistem pencernaan selama proses pengolahan atau pengawetan.

Kafein

Makanan atau minuman mengandung kafein seperti kopi, coklat, dan teh hitam, membuat tubuh mudah mengalami dehidrasi. Kurangnya cairan dalam tubuh jelas berakibat meningkatkan risiko sembelit. Jika terlanjur kecanduan kafein, kurangi takarannya secara perlahan sembari meningkatkan asupan makanan kaya serat.

Daging Merah

Mencerna daging secara sempurna butuh waktu sekitar 90 jam. Ini terutama jika konsumsi daging tanpa diimbangi asupan sayuran atau makanan lain kaya serat.

Makanan berminyak

Seperti halnya daging, makanan berminyak atau gorengan cenderung mengadung lemak jenuh yang dapat memperlambat proses pencernaan. Oleh karena itu, jangan lupa memperbanyak minum dan mengimbangi dengan makan sayur setiap kali mengonsumsi gorengan.

Produk susu

Susu, termasuk produk olahannya, seperti keju, mentega dan es krim, merupakan santapan minim serat yang memiliki saturasi atau titik jenuh. Demi mengurangi risiko sembelit, kurangi konsumsi berlebih makanan ini. Lebih baik ganti dengan oatmeal atau yogurt.

Biskuit

Makan biskuit sambil minum teh di pagi hari sungguh nikmat. Namun sayangnya, selain minim serat, biskuit juga mengandung gula dan lemak yang berpotensi memperburuk keluhan sembelit. Untuk mengatasinya imbangi dengan asupan makanan berserat tinggi.

Semoga informasi tentang makanan yang dapat menyebabkan sembelit diatas bisa bermanfaat.

Loading...

Hasil pencarian:

makanan Penyebab sembelit, Makanan penyebab sembelit pada bayi, susu boleh sebab sembelit, kebanyakan makan coklat bikin bebelen, makanan yang membuat bab keras biskuit, minum teh saat sembelit
6 Jenis Makanan Penyebab Sembelit atau Susah Buang Air Besar | inicarak | 4.5