Loading...

6 Kebiasaan Baik Bantu Minimalisir Resiko Kanker Prostat

Tidak hanya untuk sekarang, melakukan gaya hidup sehat juga bisa berdampak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang. Enam kebiasaan sehat, termasuk lebih banyak makan tomat dan kurang mengonsumsi daging merah olahan bisa membantu mengurangi risiko kematian akibat kanker prostat.

Sebuah penelitian menganalisis informasi yang dikumpulkan dari hampir 46 ribu pria selama 25 tahun. Kemudian, para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengadopsi lima atau enam kebiasaan sehat, 39 persen lebih rendah terkena kanker prostat dibanding yang hanya mengadopsi satu kebiasaan sehat atau tidak sama sekali.

Masing-masing dari enam kebiasaan sehat, termasuk tidak merokok, berolahraga, makan ikan berlemak memiliki indek massa tubuh kurang dari 30 telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat.

loading...

“Memotivasi dan konseling pada pria untuk mengadopsi faktor-faktor enam kebiasaan sehat kemungkinan akan meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan, termasuk mengurangi risiko kanker prostat”, ungkap Stacey Kenfield dari University of California, San Francisco, dikutip Newsmaxhealth.

Lebih lanjut, dalam salah satu dari dua studi, pria yang hanya mengadopsi kebiasaan sehat dengan diet, memiliki risiko 27 persen lebih rendah terkena kanker prostat mematikan dibandingkan mereka yang tidak mengadopsi sama sekali kebiasaan sehat.

Sementara, pria dengan kanker prostat stadium awal dapat hidup lebih lama jika mereka mengadopsi diet makan-makanan yang sehat. Misalnya, makanan yang kaya akan kacang-kacangan, minyak sayur, biji-bijian dan alpukat. Selain itu, tomat juga mengandung lycopene yang merupakan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel.

Loading...
6 Kebiasaan Baik Bantu Minimalisir Resiko Kanker Prostat | inicarak | 4.5