Loading...

6 Kebiasaan Penyebab Cepat Tua yang Tak Pernah Anda Duga Sebelumnya

Semua orang akan mengalami proses menua. Namun ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami penuaan dini. Hal ini biasanya terjadi orang yang tidak menerapkan gaya hidup sehat. Bahkan, beberapa hal dari kebiasaan kita ternyata bisa juga menyebabkan seseorang mengalami penuaan dini atau menua sebelum waktunya.

Seperti dikutip dari News.com.au, berikut adalah enam kebiasaan sepele yang mungkin tidak pernah kita duga sebelumnya, yang ternyata bisa jadi penyebab penuaan dini:

1. Minum dengan sedotan
Minum menggunakan sedotan baik dilakukan untuk menghindari noda dan pengikisan pada gigi. Sayangnya, tanpa kita sadari, gerakan mulut saat menyedot minuman bisa memicu kerusakan otot seperti yang dialami para perokok.
Menurut Dr Michael Prager, seorang ahli bedah kosmetik mengatakan “Makin tua, kulit makin tidak elastis. Gerakan apapun yang diulang-ulang, seperti menyedot, bisa menyebabkan kerusakan dan membentuk keriput-keripiut.”

loading...

2. Terlalu lama di depan komputer
Menurut Dr Prager, memaksakan diri bekerja berjam-jam di depan komputer dengan terus menerus melihat ke bawah akan membuat otot leher akan memendek di bagian depan, kulit mengendur, rahang menggantung dan berkeriput.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, letakkan laptop agak tinggi, sehingga posisi dagu bisa tegak 90 derajat.

3. Tidak merapikan sarung bantal
Apalagi jika sarung bantal yang digunakan selalu kusut, tidak pernah dirapikan. Bekas lipatan-lipatan sarung bantal yang kusut dan tidak dirapikan akan meninggalkan jejak keriput dan kerusakan jaringan di bawah kulit.

4. Jarang makan ikan
Asam lemak omega 3 sangat penting bagi tubuh untuk menjaga hidrasi atau kecukupan cairan, serta menjaga elastisitas kulit. Lemak-lemak baik yang terkandung dalam ikan ini dibutuhkan oleh tubuh karena vitamin tertentu seperti vitamin A dan E hanya larut di lemak. Lemak baik tidak hanya bisa didapat dari mengonsumsi ikan, buah alpukat dan kacang-kacangan bisa jadi alternatif sumber lemak baik bila Anda seorang vegetarian.

5. Banyak berenang di kolam
Kolam renang biasanya mengandung klorin. Berenang di kolam renang yang mengandung klorin cukup tinggi akan merusak kesehatan kulit dan rambut. Menurut penelitian di jurnal Dematology menunjukkan, 61 persen perenang memiliki rambut yang kering dan rusak. Begitu juga kulit, kulit akan kehilangan kelembaban alaminya.

6. Mengonsumsi minuman berlabel diet
Selain minuman bergula, minuman-minuman diet yang mengandung phosphate seperti dalam diet-cola juga tidak lebih sehat untuk tubuh kita. Hasil studi pada tikus menunjukkan bahwa bahan tersebut membuat tubuh mengalami penuaan lebih cepat.

Nah, Anda ingin awet muda? Hindari enam kebiasaan diatas.

Loading...
6 Kebiasaan Penyebab Cepat Tua yang Tak Pernah Anda Duga Sebelumnya | inicarak | 4.5