Loading...

6 Makanan Penyebab Gigi Berlubang

Selain karena jarang menggosok gigi, gigi berlubang juga bisa disebabkan karena makanan yang dikonsumsi. Menurut Dokter Gigi Kosmetik Dr Mukul Dabholkar, beberapa makanan bisa menyebabkan erosi enamel yang bisa membuat gigi peka terhadap panas, dingin, manis, dan asam.

Umumnya, makanan yang bisa menyebabkan gigi rusak dan berlubang adalah makanan yang manis dan mudah menempel di gigi. Apalagi ditambah malas menggosok gigi, maka gigi semakin cepat rusak dan berlubang. Bahkan menggosok gigi pun ada caranya, tidak boleh sembarangan agar gigi bisa bersih sempurna.

Berikut adalah beberapa contoh makanan yang bisa menyebabkan gigi rusak dan berlubang yang harus Anda hindari:

loading...

1. Permen, karamel
Permen menempel dan berpegang teguh di permukaan gigi dan membutuhkan waktu yang lama untuk membersihkannya. Jika tidak segera dibersihkan, bakteri atau kuman akan cepat berkembang yang pada akhirnya akan merusak gigi Anda.

2. Makanan asam
Jeruk lemon memang bisa digunakan untuk memutihkan gigi, namun rasa asam dari lemon sangat berbahaya untuk gigi Anda. Anda perlu memikirkan lagi bila ingin memutihkan gigi dengan lemon atau buah lain yang memiliki rasa asam cukup tinggi. Sebaiknya segera bilas dan bersihkan gigi Anda secara menyeluruh setelah makan jeruk, lemon, tomat, gigi.

3. Pil yang dikunyah
Obat yang dikunyah memiliki asam pekat yang membahayakan gigi karena melekat. Bahkan minuman kesehatan dan air vitamin pun buruk bagi kesehatan gigi Anda.

4. Makanan bertepung
Keripik kentang , roti putih , pizza , pasta dan burger akan bisa dengan mudah menempel di antara gigi dan di celah-celah antara dua gigi Anda. Memang makanan ini tidak manis, namun pati di dalam makanan tersebut segera mengkonversi menjadi gula karena proses di mulut.

5. Soda dan minuman energi
Minuman manis seperti minuman berkarbonasi dan minuman olahraga sangat buruk untuk kesehatan gigi jika seseorang minumnya secara teratur. Menyeruput minuman manis yang terus menerus selama berjam-jam juga sangat berbahaya, lebih baik minum semuanya sekaligus sampai habis.

6. Buah kering
Beberapa jenis buah-buahan kering juga bisa berbahaya untuk gigi Anda karena kandungan gula pekat dan lengket. Beberapa contoh buah kering yang berbahaya untuk gigi yaitu kismis kering, plum, dan aprikot.

Loading...

Hasil pencarian:

penyebab gigi berlubang
6 Makanan Penyebab Gigi Berlubang | inicarak | 4.5