Loading...

6 Makanan yang Kaya Gizi Namun Sering Dibuang Sia-sia

Ketika makan buah pisang, tentu Anda akan membuang kulitnya. Namun tahukah Anda bahwa kulit pisang ternyata mempunyai nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita?

Tanpa Anda sadari akan manfaatnya, mungkin Anda juga sering membuang beberapa jenis makanan lain yang juga kaya akan gizi untuk tubuh. Apa saja itu?

1. Kulit pisang
Para peneliti di Taiwan mendapati ekstrak kulit pisang kaya akan serotonin kimia yang bisa meningkatkan suasana hati. Tak hanya itu saja, buah pisang juga mengandung kalium yang bisa membantu menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko stroke. Anda bisa memasukkan kulit pisang di dalam juicer atau merebusnya selama 10 menit dan setelah didinginkan, minum cairannya.

loading...

2. Kulit buah kiwi
Kulit buah kiwi ternyata mengandung vitamin C yang lebih banyak daripada buah jeruk. Sebuah studi menunjukkan bahwa kulit buah kiwi bisa melindungi kita dari kerusakan DNA pemicu kanker. Selain itu, risiko penyakit jantung juga bisa diminimalisir. Anda bisa memakan kulit buah kiwi mentah-mentah ataupun dibuat menjadi jus yang segar.

3. Daun seledri
Daun seledri merupakan sumber yang kaya akan vitamin A dan C, serat, dan antioksidan. Selain itu, bagian daun memiliki kandungan magnesium dan kalsium 5 kali lebih banyak daripada bagian batang.

4. Kulit jeruk
Kulit jeruk merupakan sumber vitamin dan mineral, termasuk kalsium, magnesium, seng, tembaga, kalium, dan fosfor. Kulit jeruk dianggap efektif dalam mengobati berbagai kondisi seperti sembelit, tekanan darah tinggi, meminimalisasi risiko kanker perut, dan bahkan bisa menurunkan kolestrol “buruk” (LDL). Memakan kulit jeruk secara langsung tentu tidak mungkin Anda lakukan. Untuk itu, pilihlah jeruk organik, parut kulitnya dan masukkan pada hidangan sup, seperti sup kacang hijau, dan asparagus.

5. Kepala udang
Kepala udang mengandung antioksidan astaxanthin 10 kali lebih efektif daripada kandungan yang ada di dalam buah dan sayuran. Cukup digoreng atau dipanggang saja, kepala udang sudah sangat lezat untuk disantap.

6. Serangga
Memang menijijikkan kelihatannya, namun serangga seperti belalang dan kumbang air mengandung banyak vitamin dan mineral, rendah lemak, dan memiliki jumlah protein seperti daging mentah. Serangga tersebut bisa Anda goreng, panggang, atau ditumis dan itu sudah sangat gurih.

Loading...
6 Makanan yang Kaya Gizi Namun Sering Dibuang Sia-sia | inicarak | 4.5