Loading...

6 Manfaat Cumi-cumi untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak tahu hewan laut ini? Ya, cumi-cumi.

Cumi-cumi dikenal juga dengan sebutan ikan sotong. Salah satu jenis makanan seafood yang cukup populer dan begitu banyak disukai oleh pecinta makanan laut. Karena dibalik kekenyalan dari daging cumi-cumi, sesungguhnya terkandung sangat banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak terkecuali adalah pada tinta hitamnya. Sebab itu, saat membeli cumi-cumi, jangan buang bagian tintanya.

Manfaat Ikan Sotong atau Cumi-cumi untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat dari cumi-cumi, diantaranya:

loading...

1. Makan Daging Cumi Membantu Menurunkan Kolestrol
Di dalam daging cumi-cumi terkndung omega 3 yang merupakan salah satu asam lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh. Karena itu mengonsumsi daging cumi bisa membantu menurunkan kadar kolestrol.

2. Daging Cumi Sehat bagi Jantung
Cumi-cumi tidak hanya memiliki kandungan omega 3, namun juga kaya akan protein serta mineral seperti seng, tembaga, yodium, maupun vitamin B. Kandungan tembaga dalam cumi baik untuk metabolisme zat besi dan pembentukan sel darah merah.

3. Makan Daging Cumi Bisa Membantu Menambah Nafsu Makan
Kandungan mineral dalam cumi-cumi juga bisa menyehatkan sistem pencernaan. Kandungan ini termasuk riboflavin dan niasin yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Manfaat Daging Cumi untuk Menghilangkan Bekas Cacar
Seseorang yang baru sembuh dari penyakit cacar biasanya memiliki bekas di kulit. Bekas di kulit tersebut cukup mengganggu penampilan. Untuk memperbaikinya dapat memanfaatkan cumi-cumi dengan cara:

  • Jemur cumi-cumi tersebut hingga kering dan bersih
  • Setelah itu cumi-cumi yang kering tersebut ditumbuk
  • Ayak tumbukan cumi sehingga di dapat serbuk yang sangat halus
  • Serbuk itulah yang selanjutnya dijadikan untuk obat untuk mengatasi bekas cacar.

5. Zat dalam Tinta Cumi Bisa Mengoptimalkan Sel Darah Putih
Penelitian terbaru mengungkapkan zat khusus dalam tinta cumi dapat mengaktifkan sel-sel darah putih. Hal ini membuat kinerja sel darah putih dalam memerangi kuman penyakit menjadi lebih optimal.

6. Tinta Cumi Berkhasiat Melawan Sel Kanker dan Tumor
Seperti dilansir Examiner, tinta hitam cumi dapat membantu melawan sel kanker. Menurut studi yang dilakukan CellsNew, tinta cumi bersifat anti-angiogenic yang dapat mencegah pertumbuhan sel-sel tumor. Termasuk mencegah pertumbuhan pembuluh darah baru yang menyebabkan tumor dan sel kanker baru.

Hal serupa juga ditemukan dalam sebuah penelitian di tahun 2008 yang dilakukan di Handong University’s School of Ocean Sciences. Ternyata kandungan zat pada tinta cumi dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor.

Kandungan Gizi pada Cumi-cumi

Daging cumi-cumi yang memiliki tekstur kenyal dan lembut ini cocok diolah menjadi berbagai jenis masakan, seperti cumi tepung goreng, bumbu saus padang, saus mentega, goreng hingga kering polos.

Daging ikan cumi-cumi tidak hanya lezat. Ditinjau dari nilai gizi, cumi-cumi memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Ada protein, mineral, dan macam-macam vitamin. Kandungan protein cumi-cumi cukup tinggi, yaitu 17,9 g/100 g cumi segar.

Daging cumi-cumi memiliki kelebihan dibanding dengan hasil laut lain, yaitu tidak ada tulang belakang, mudah dicerna, memiliki rasa dan aroma yang khas, serta mengandung semua jenis asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. Asam amino esensial yang dominan adalah leusin, lisin, dan fenilalanin. Sementara kadar asam amino nonesensial yang dominan adalah asam glutamat dan asam aspartat. Kedua asam amino tersebut berkontribusi besar terhadap timbulnya rasa sedap dan gurih. Itu sebabnya, secara alami cumi telah memiliki cita-rasa gurih, sehingga dalam pengolahannya tak perlu ditambahkan bahan penyedap rasa (seperti monosodium glutamat = MSG).

Cumi-cumi juga memiliki kandungan beberapa jenis mineral mikro dan makro dalam jumlah yang sangat tinggi. Kadar mineral yang terkandung pada cumi-cumi sangat bervariasi walaupun dalam satu spesies yang sama. Variasi ini tergantung pada keadaan lingkungan tempat hidup, ukuran, dan umur. Mineral penting pada cumi-cumi adalah natrium, kalium, fosfor, kalsium, magnesium, dan selenium. Fosfor dan kalsium berguna untuk pertumbuhan kerangka tulang, sehingga penting untuk pertumbuhan anak-anak dan mencegah osteoporosis di masa tua. Selain kaya akan protein, cumi-cumi juga merupakan sumber vitamin yang baik, seperti vitamin B1 (tiamin), B2 (ribofavin), B12, niasin, asam folat, serta vitamin larut lemak (A, D, E, K).

Loading...

Hasil pencarian:

bolehkah ibu hamil makan gurita
6 Manfaat Cumi-cumi untuk Kesehatan Tubuh | admin | 4.5