Loading...

6 Manfaat Minum Air Mentimun untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Mentimun kaya akan kandungan air di dalamnya. Karena itu mentimun sangat baik untuk dikonsumsi, terutama berguna untuk mencegah tubuh dari dehidrasi. Tingginya kandungan air dalam mentimun sangat baik untuk tubuh.

Dikutip dari laman LifeHack, ada beberapa manfaat yang bisa didapat bila anda punya hobi mengonsumsi air mentimun. Apa sajakah itu?

Manfaat Mengonsumsi Air Mentimun

Mentimun bisa dikonsumsi dengan cara langsung dimakan. Cukup dengan mencuci mentimun dalam air mengalir lalu dimakan begitu saja. Atau anda juga bisa membuat mentimun menjadi jus. Potong-potong mentimun menjadi beberapa bagian, lalu blender dan taruh dalam wadah gelas. Jus mentimun pun siap dinikmati.

loading...

1. Air mentimun menurunkan risiko penyakit jantung
Gaya hidup sehat seperti pola makan yang sehat, olahraga teratur dan termasuk mengonsumsi air mentimun dalam bisa mengurangi resiko seseorang dari terkena penyakit jantung.

Mengonsumsi mentimun terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung, dengan membantu ginjal untuk menyingkirkan natrium ekstra dalam tubuh.

2. Air mentimun menjaga tulang kuat
Untuk menjaga kesehatan tulang, tubuh membutuhkan kalsium, vitamin D dan juga magnesium. Selain itu diperlukan juga asupan vitamin K. Sementara itu, mentimun kaya akan kandungan vitamin K di dalamnya. Dimana vitamin K berguna dalam membantu untuk membentuk matriks tulang dan menjaga tulang padat dan kuat.

3. Air mentimun mencegah dehidrasi
Dehidrasi bisa menyebabkan masalah pencernaan, membuat sirkulasi lebih lamban dan bahkan menambah berat badan. Mentimun kaya akan kandungan air, karena itu mengonsumsi mentimun bisa membantu mengatasi masalah dehidrasi.

Namun bagaimanapun juga, selain mengonsumsi air mentimun, The National Institute of Health, bagaimanapun, merekomendasikan antara 6 dan 8 gelas sehari untuk kesehatan terbaik.

4. Air mentimun mencegah kulit kering
Paparan sinar matahari, cuaca dingin atau panas dan polusi udara akan memberikan efek samping pada kulit anda, dimana ia akan meninggalkannya kering, merah dan gatal. Namun, air mentimun bisa membantu.

Minum air mentimun bisa membantu untuk tidak hanya melembabkan kulit dari dalam, namun juga menyediakan silikon dan vitamin B-5, dua nutrisi kulit yang perlu untuk tetap sehat. Sementara itu bila anda menggunakan mentimun sebagai toner, anda bisa membantu mengurangi peradangan dan iritasi dan menjaga kulit agar halus dan cerah.

5. Air mentimun dapat mengurangi risiko kanker
Tidak hanya menurunkan risiko kanker, anda juga bisa menggunakan ini sebagai bagian dari gaya hidup sehat secara keseluruhan dan bisa memberikan tubuh asupan vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan untuk tetap sehat.

6. Air Mentimun kemungkinan menurunkan penyakit kronis
Kanker dan osteoporosis bukan satu-satunya penyakit kronis yang perlu anda khawatir tentang ketika anda beranjak menua. Karena anda juga perlu mengkhawatirkan beberapa penyakit umum lainnya seperti penyakit mata, diabetes dan penyakit Alzheimer (yang menyebabkan hilangnya memori progresif).

Kandungan Array yang kaya antioksidan dalam mentimun dapat membantu mengurangi stres pada sel-sel, memperlambat proses penuaan, dan mencegah banyak penyakit terkait usia ini.

Namun penting untuk menjadi perhatian, terutama bagi yang memiliki masalah seputar tekanan darah rendah. Ada baiknya bagi anda untuk penderita hipotensi untuk menghindari mengonsumsi jenis minuman ini ataupun mengonsumsi secara langsung mentimun. Pasalnya, mentimun bisa memberikan efek samping dimana akan menyebabkan kambuhnya penyakit darah rendah yang anda derita.

Loading...
6 Manfaat Minum Air Mentimun untuk Menjaga Kesehatan Tubuh | admin | 4.5