Loading...

6 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh Kita

Selama bulan Rmadhan, kita akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Ini artinya kita tidak akan makan atau minum sedikitpun selama hampir 14 jam. Namun demikian, kita tidak perlu takut akan terganggunya kesehatan. Pasalnya, sudah banyak yang membuktikan kalau puasa itu baik untuk tubuh dan juga pikiran kita.

Mau tahu, apa saja manfaat dan khasit baik puasa untuk kesehatan?

1. Meningkatkan kinerja otak
Puasa bisa memberi pengaruh positif terhadap mental dan juga spiritual Anda. Kekuatan kinerja otak pun akan meningkat saat Ramadhan, bahkan lebih besar dari yang Anda kira. Para ilmuwan di Amerika Serikat membuktikan bahwa fokus mental yang diperoleh selama Ramadhan meningkatkan level neurotropik otak, yang membuat tubuh memproduksi lebih banyak sel otak, sehingga meningkatkan fungsinya.

loading...

Pengurangan jumlah hormon kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, menunjukkan pula bahwa tingkat stres banyak berkurang selama dan setelah Ramadhan.

2. Menurunkan nafsu makan
Penurunan konsumsi makanan dengan berpuasa membuat perut menyusut secara bertahap, yang berarti Anda hanya membutuhkan sedikit makanan agar merasa kenyang. Jika Anda ingin menjalani kebiasaan makan yang sehat maka Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk mengawalinya.

3. Menyerap lebih banyak nutrisi
Puasa juga membuat metabolisme tubuh menjadi lebih efisien, yang berarti jumlah nutrisi yang Anda serap dari makanan semakin meningkat. Hal itu terjadi karena meningkatnya hormon adiponektin, yang diproduksi oleh perpaduan puasa dan makan pada tengah malam. Proses ini membuat seluruh bagian tubuh mampu menyerap lebih baik dan menggunakan nutrisi yang diperlukan tubuh sesuai dengan fungsinya.

4. Menurunkan kolesterol
Tidak hanya bisa menurunkan berat badan, puasa juga bisa membantu penurunan jumlah lemak, yang berarti ada penurunan kolesterol dalam darah, demikian hasil studi yang dilakukan oleh sebuah tim ahli jantung di Uni Emirat Arab.

Kolesterol yang rendah meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko serangan jantung, penyakit jantung, atau stroke. Selain itu, jika Anda menjalani diet sehat setelah Ramadhan, kolesterol yang sudah menurun tersebut akan tetap bisa dipertahankan.

5. Mengeluarkan racun
Dengan tidak makan atau minum setiap harinya, tubuh akan mendapatkan kesempatan yang jarang terjadi untuk membersihkan sistem pencernaan selama bulan Ramadhan.

Saat tubuh mulai mengambil cadangan lemak untuk menghasilkan energi, proses itu juga akan membakar racun-racun berbahaya yang mungkin terkandung di dalam lemak. Pembersihan tubuh ini akan membuat Anda menjadi sehat, dan menjadi awal yang tepat untuk menjalani gaya hidup sehat secara konsisten.

6. Menjauhkan kebiasan buruk
Puasa merupakan momen yang tepat untuk menghilangkan berbagai kebiasaan buruk, seperti merokok dan makan makanan yang banyak mengandung gula yang seharusnya tidak dikonsumsi selama puasa. Akibatnya, tubuh akan menyesuaikan diri secara bertahap, sehingga kecanduan rokok dan makanan tersebut akan hilang. Apalagi saat puasa lingkungan sekitar juga sangat mendukung untuk menghentikan dan bahkan menghilangkan kebiasaan tersebut.

Loading...
6 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh Kita | inicarak | 4.5