Loading...

6 Manfaat Serat untuk Ibu Hamil

Meski serta tidak mudah dicerna tubuh, namun ternyata serat mempunyai peranan penting dalam tubuh, termasuk juga untuk ibu hamil. Mau tahu, apa saja manfaat serat untuk ibu hamil?

Berikut ini adalah lima manfaat serat untuk ibu hamil, seperti yang dikutip dari laman republika :

1. Keseimbangan gula darah
Serat yang bisa larut dalam air penting untuk menjaga kesimbangan kadar gula darah. Adapun sumber serat yang bisa larut dalam air misalnya kacang polong, gandum, serta buah-buahan seperti apel.

loading...

Sumber serat yang tidak bisa larut bisa didapat dari sebagian besar sayuran termasuk akar-akaran, membantu kerja saluran pencernaan.

Karena masing-masing serat mempunyai fungsi yang berbeda-beda, maka ibu hamil harus harus mengkonsumsi kedua jenis serat tersebut.

2. Konstipasi dan varises
Ibu hamil seringkali mengalami konstipasi atau sembelit (susah buang air besar). Adapun penyebabnya konstipasi atau sembelit pada ibu hamil adalah akibat terjadinya penurunan kontraksi pada saluran pencernaan dan berkurangnya kemampuan usus besar untuk mengeluarkan ampas makanan karena tekanan dari rahim yang membesar.

Biasanya, ibu hamil juga tidak seaktif ketika belum hamil. Terkadang, penambahan konsumsi zat besi saat hamil juga berperan sebagai salah satu penyebab sembelit. Setiap gram serat bisa meningkatkan volume ampas makanan sebesar empat hingga 20 kali lipat.

3. Wasir
Wasir merupakan efek samping dari sembelit, khususnya jika ibu hamil susah buang air karena ampas makanan yang amat keras. Namun hal ini jarang terjadi pada ibu hamil yang mengkonsumsi makanan berserat.

Mengonsumsi makanan yang kaya serat bisa membantu mengurangi tekanan dari pembuluh darah dan mencegah terbentuknya wasir.

4. Terlindung dari keracunan
Demi menjaga kesehatan bayi dan dirinya, ibu hamil haruslah terbebas dari racun.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar racun bisa diikat oleh serat. Untuk itulah ibu hamil diharuskan mengonsumsi serat agar racun dalam tubuh bisa lebih cepat terbuang dari tubuh.

Serat bisa membantu mempercepat waktu ‘transit’ racun tersebut. Serat yang larut dalam air mengikat sekresi empedu dalam tubuh kita dan membantu ampas makanan keluar dari usus besar. Sementara serat yang tidak bisa larut dalam air merupakan bahan yang mampu memperbaiki tektur ampas makanan mejadi lebih besar dan lunak.

5. Mengendalikan berat badan
Selama masa kehamilan, biasanya ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan antara 10 hingga 12 kilogram.

Mengonsumsi makanan berserat tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan memperlambat proses komsumsi makanan. Makanan jenis ini juga memberi perasaan lebih cepat kenyang. Lambatnya pelepasan zat gula dari darah juga membantu mengurangi rasa lapar selama hamil.

6. Diabetes dan hipoglikemia
Calon ibu harus memastikan adanya pasokan buah-buahan segar dan sayuran mentah atau kukus, seperti kol, brokoli, bayam, dan paprika. Setiap makan harus pula mengandung nasi, gandum, atau mi. Jenis protein bukan daging seperti kacang lentil merupakan sumber makanan yang kaya serat yang baik.

Diet makanan berserat tinggi (khususnya jenis yang larut dalam air) mengurangi penyerapan gula dalam darah. Maka mengkonsumsi makanan berserat membantu kadar gula dalam darah lebih stabil. Serat yang larut dalam air menunda pengosongan perut dengan ”melapisi” bagian usus. Pada saat yang bersamaan, proses penyerapan gula dalam usus pun berkurang setelah makan sehingga mengurangi pula kebutuhan insulin. Ini amat penting dalam kehamilan.

Loading...

Hasil pencarian:

sering buang air besar saat hamil 7 bulan, sulit kentut saat hamil tua
6 Manfaat Serat untuk Ibu Hamil | inicarak | 4.5