Loading...

6 Penyebab Hilangnya Konsentrasi

Untuk mendukung berbagai aktivitas keseharian, menjaga konsentrasi sangatlah penting. Sayangnya, tidak sedikit orang yang mengalami kehilangan konsentrasi secara tiba-tiba.

Agar konsentrasi tetap terjaga, maka perlu kiranya bagi kita untuk mengetahui apa saja penyebab hilangnya konsentrasi. Berikut informasinya seperti yang dikutip dari laman Boldsky:

1. Anemia
Kondisi ini bisa diterjemahkan sebagai kekurangan zat besi dan hemoglobin. Kondisi ini menyebabkan suplai darah ke otak menjadi terhambat, dan sel-sel menjadi kurang aktif. Karenanya, usahakan untuk mengonsumsi makanan yang penuh zat besi.

loading...

2. Lelah
Bekerja terlalu keras juga bisa membuat otak berhenti berpikir yang pada akhirnya akan membuat Anda kehilangan kapasitas untuk berkonsentrasi sama sekali.

3. Kekurangan vitamin
Ada baiknya untuk mengecek jumlah vitamin atau mineralnya. Terkadang, vitamin dalam darah mengalami penurunan. Terutama vitamin B12 yang bisa menyebabkan otak kabur.

4. Depresi
Tertekan dalam jangka waktu lama tentu bisa membuat seseorang menjadi depresi. Karenanya, ketika sudah berada di kondisi tersebut, konsentrasi pun gampang hilang.

5. Hipertensi
Biasanya, hipertensi yang lebih disebabkan stres merupakan masalah yang paling umum dialami oleh generasi muda. Jika Anda tidak bisa berkonsentrasi, maka ini merupakan gejala hipertensi. Sebelum melakukan pemeriksaan secara medis, ada baiknya untuk mengikuti konseling dan motivasi diri.

6. Berganti obat
Hilangnya konsentrasi seseorang juga bisa diakibatkan karena konsumsi obat-obatan. Misalnya saja obat penenang, tablet hormon ataupun kontrasepsi. Namun perubahan dosis obat yang dikonsumsi juga bisa memengaruhi konsentrasi seseorang. Jika fase ini berlangsung lebih dari satu minggu, usahakan langsung ke dokter untuk berkonsentrasi.

Loading...
6 Penyebab Hilangnya Konsentrasi | inicarak | 4.5