Loading...

6 Penyebab Vagina Sering Gatal Yang Harus Diketahui Oleh Wanita

Pembalut yang digunakan pada saat sedang menstruasi terkadang bisa menjadi penyebab vagina gatal. Namun demikian, penyebab munculnya rasa gatal pada organ intim wanita ini juga bisa dikarenakah hal yang lebih serius. Misalnya karena penyakit menular seksual.

Setiap wanita harus memperhatikan masalah yang muncul terutama pada area vagina, salah satunya adalah ketika vagina terasa gatal. Dengan mengetahui penyebab utama vagina terasa gatal sejak dini, hal ini akan dapat dengan segera untuk menangani masalah yang sebenarnya terjadi.

Penyebab Vagina Sering Gatal

Berikut ini adalah penyebab vagina gatal yang umum dan sering dialami oleh wanita. Diantaranya adalah sebagaimana yang dikutip dari laman Women’s Health.

1. Vaginosis bakterial

Penyebab vaginosis bacterial adalah karena ketidakseimbangan bakteri tak sehat dan perubahan pH di vagina. Vaginosis bakterial merupakan penyebab paling umum yang menyebabkan vagina gatal.

2. Infeksi jamur

Biasanya infeksi jamur terjadi karena penggunaan antibiotik, seks, stres, maupun perubahan diet. Namun pada wanita dengan diabetes, mereka memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi jamur. Selain menyebabkan gatal di vagina, adanya infeksi jamur juga menyebabkan keluarnya cairan berwarna putih dan kental.

3. Peradangan kulit

Iritasi kulit yang menyebabkan rasa gatal ini bisa disebabkan oleh beragam hal mulai dari alergi penggunaan pewangi yang kontak dengan organ intim, kondom, bahkan pelumas. Mencukur rambut vagina dengan teknik tidak tepat seperti dikatakan juga bisa menyebabkan peradangan pada kulit.

Untuk wanita yang memiliki area vagina yang mudah iritasi, maka sebaiknya untuk menggunakan produk-produk pembersih yang hipoalergenik pada deterjen dan pewangi pakaian. Selain itu, cermat juga dalam penggunaan tisu toilet. Karena ada beberapa wanita yang tidak bisa menggunakan tisu toilet dengan aroma ataupun berwarna.

4. Eczema atau psoriasis

Gangguan kulit genetik ini bisa menyebabkan kemerahan dan gatal pada area genital. Jika mengalami hal ini ada baiknya mendatangi dokter apa yang bisa meringankan ketidaknyamanan. Jika tidak nyaman dalam beberapa minggu, tanyakan lagi pengobatan lainnya.

5. Hormon

Penyebab rasa gatal pada vagina juga mungkin bisa terjadi saat perubahan hormon. Perubahan hormon ini terjadi terutama ketika wanita sedang menstruasi, hamil, menopause, atau menggunakan alat kontrasepsi. Kekeringan pada vagina juga bisa menyenyebabkan rasa nyeri pada vagina.

Pemicu gatal pada vagina juga bisa karena pemakaian pembalut dan pantyliner yang mengandung pewangi dan warna. Bila memang ini penyebabnya, maka gantilah produk-produk tersebt dengan yang lebih tidak mengiritasi.

6. Penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual atau PMS bisa diakibatkan dari hubungan seks bebas tanpa menggunakan kondom. Beberapa PMS seperti chlamydia, heremtrichomoniasis, dan gonorrhea memicu bagian vagina terasa gatal.

Jika anda merasakan gatal di area organ intim yang disertai rasa terbakar saat buang air kecil, luka pada alat kelamin, dan rasa sakit saat berhubungan seks, maka ada baiknya untuk melakukan tes di dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui kondisi sebenarnya yang terjadi pada vagina anda.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

bokep wanita gatal kelaminnya di sebabkan pembalut, kenapa bagianvagina selalu gatal
6 Penyebab Vagina Sering Gatal Yang Harus Diketahui Oleh Wanita | inicarak | 4.5