Loading...

6 Sumber Makanan untuk Menyehatkan Rambut

Rambut adalah ibarat sebuah mahkota bagi setiap orang. Karena itu, rambut harus dijaga dan dirawat dengan benar.

Memiliki rambut yang sehat, tebal, berkilau, tidak mudah patah serta tidak rontok tentunya adalah keingin setiap orang. Namun bagaimana cara mendapatkan rambut yang sehat tersebut?

Makanan yang Bisa Membantu Menyehatkan Rambut

Untuk mendapatkan rambut yang sehat, tentunya harus terpenuhi nutrisi yang cukup untuk rambut. Berikut adalah makanan untuk menjaga kesehatan rambut sebagaimana yang dikutip dari laman Webmd:

loading...

1. Omega-3
Beberapa jenis ikan seperti ikan salmon, ikan sarden, dan makarel, memiliki kandungan asam omega-3 yang menyehatkan untuk rambut. Tidak hanya berguna untuk menjaga tubuh dari penyakit, namun manfaat dari omega-3 juga baik untuk pertumbuhan rambut agar kilaunya terjaga, dan juga tebal.

2. Greek yohurt
Kandungan di dalam greek yogurt tidak hanya protein, namun juga memiliki bahan-bahan yang akan membantu aliran darah lancar. Mulai dari kulit kepala hingga pertumbuhan rambut kita. Kandungan vitamin B5 di dalam greek yohurt juga bisa mencegah rambut rontok.

3. Bayam
Bayam memiliki kandungan banyak nutrisi, vitamin A, beta karoten, folat, dan vitamin C. Semua nutrisi ini akan membuat kulit kepala sehat dan membuat helai rambut tetap lembab, sehingga tidak mudah patah.

4. Jambu biji
Jambu biji kaya akan kandungan vitamin C yang akan melindungi helai rambut agar tidak mudah patah. Mengonsumsi satu mangkuk jambu biji dapat mencukupi 377 miligram vitamin C.

5. Daging unggas dengan lemak rendah
Akibat dari kurang tercukupinya protein adalah menyebabkan rambut yang sel-selnya sudah tua menjadi rontok sehingga bisa menyebabkan kebotakan. Karena itu, untuk mencukupi kebutuhan akan protein, bisa dengan cara makan daging unggas atau kalkun yang lemak jenuhnya lebih sedikit dibanding daging sapi dan babi.

6. Ubi
Kandungan antioksidan di dalam ubi, yaitu beta karoten yang akan diubah tubuh menjadi vitamin A dan melawan rambut yang kering. Tidak hanya itu saja, manfaat dari ubi juga mendorong kelenjar di kulit kepala untuk memproduksi minyak yang disebut sebum, sehingga rambut tidak kering. Sumber dari beta karoten juga bisa diperoleh dari mengonsumsi sayuran oranye lainnya, seperti misalnya adalah wortel, labu, melon, dan mangga.

Itulah beberapa contoh makanan untuk rambut yang akan membantu menjaga kesehatan rambut. Sehingga rambut akan terlihat lebih tebal, berkilau, tidak mudah patah juga terhindar kerontokan rambut yang menyebabkan kebotakan.

Loading...
6 Sumber Makanan untuk Menyehatkan Rambut | admin | 4.5