Loading...

6 Tips Cara Agar Anak Terhindar dari Aksi Kejahatan di Dunia Maya

Aksi kejahatan kini tak hanya terjadi di dunia nyata, namun juga bisa terjadi di dunia maya atau internet. Anda tentu pernah mendengar berita tentang penipuan di Facebook, penculikan remaja oleh teman Facebook, bahkan perkosaan, dan pembunuhan.

Untuk menghindari berbagai aksi kejahatan di dunia maya, maka sangat perlu bagi orang tua untuk membekali pengetahuan tentang bagaimana cara bersosialisasi di dunia maya.

Berikut ini adalah enam tips agar anak aman dan terhindar dari kejahatan di dunia maya atau internet, seperti yang dikutip dari kompas tekno:

loading...
  1. Ceritakan pada mereka soal kasus-kasus kriminal yang terjadi akibat dipicu “teman” Facebook, atau “teman” di internet lain. Cukup googling saja, Anda akan menemukannya.
  2. Pesan untuk tidak mudah percaya ke “teman” di dunia maya, sebaik apapun dia. Justru semakin baik, semakin layak dicurigai.
  3. Jangan berbagi data pribadi seperti nomor telepon rumah, nomor ponsel, alamat rumah, alamat sekolah, nomor rekening, atau semua yang memungkinkan “teman” dunia maya melacak jejak anak kita
  4. Tekankan betapa berbagi foto pribadi, terlebih lagi yang dalam pose vulgar, akan merugikan si anak di kemudian hari. Bahkan anak di bawah umur pun bisa jadi objek kaum pedofil.
  5. Pesan wanti-wanti betapa berbahayanya menemui “teman” dunia maya di dunia nyata, kendati sebaik apapun atau sedahsyat apapun rayuannya. Bangkitkan kembali kisah-kisah kejahatan oleh “teman” dunia maya yang pernah ada.
  6. Komunikasi yang baik, terbuka, antara anak dengan orang tua tetap jadi kunci utama. Mayoritas anak atau remaja yang mudah percaya dengan “teman” dunia maya adalah mereka yang merasa kurang diperhatikan oleh orang tua.

Loading...
6 Tips Cara Agar Anak Terhindar dari Aksi Kejahatan di Dunia Maya | inicarak | 4.5