Loading...

6 Tips Cara Mencegah Diare

Anak-anak rentan terkena diare. Pun demikian dengan orang dewasa, orang dewasa juga bisa terkena diare. Adapun penyebab diare pada anak biasanya adalah karena jajan sembarangan.

Berikut ini adalah tips bagaimana caranya mencegah diare pada anak :

1. Konsumsi makanan yang sehat

Selain karena mikroorganisme, penyakit diare muncul akibat sensitivitas usus yang tidak toleran dengan beberapa jenis makanan. Sambal dan laktosa dalam produk-produk susu merupakan beberapa jenis makanan yang sering menjadi makanan penyebab penyakit diare.

2. Masak makanan hingga matang

Karena tinggi kandungan karbohidrat dan proteinnya, maka bahan makanan seperti daging, ayam, ikan, dan telur merupakan bahan makanan yang disukai oleh bakteri. Pastikan untuk selalu masak bahan makanan tersebut hingga matang (minimal hingga suhu 70 derajat Celsius). Apabila anda mulai memberikan makanan baru atau makanan padat kepada bayi, maka mulailah sedikit demi sedikit dan lumatkan dahulu sampai halus.

3. Cuci buah dan sayuran sebelum dimakan

Untuk sayuran yang langsung dimakan, potonglah akarnya, kemudian potong-potong baru dicuci. Saat ini telah tersedia produk khusus untuk mencuci sayuran dan buah. Gunakanlah produk tersebut untuk mencuci sayuran dan buah yang akan langsung dimakan.

4. Perhatikan penggunaan jamban

Jamban yang baik tidak menyisakan tinja yang menempel di leher jamban. Selain itu, lantai jamban tidak basah, apalagi menggenangkan air. Jika Anda selesai menggunakan jamban, pastikan tinja telah hanyut bersama air dengan tuntas.

5. Cuci tangan dengan sabun

Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun. Sebaiknya mencuci tangan dengan sabun senantiasa dilakukan sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, dan setelah buang air besar. Anda juga perlu untuk mencuci tangan sebelum bersentuhan dengan bayi.

7. Beri anak ASI hingga dua tahun

ASI memberikan peran penting dalam menjaga bayi dari penyakit diare. ASI bisa mencegah penyakit diare secara imunologik. Selain itu, ASI juga turut memberikan perlindungan bahkan setelah bayi mengonsumsi makanan penyebab diare.

Itulah beberapa tips cara mencegah diare yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
6 Tips Cara Mencegah Diare | inicarak | 4.5