Loading...

6 Tips Cara Mengatasi Bibir Kering & Pecah-pecah Saat Puasa Ramadhan

Bibir kering dan pecah-pecah sering terjadi saat kita berpuasa akibat kekurangan cairan dalam tubuh. Ini karena selama hampir 14 jam setiap hari selama sebulan penuh tubuh tidak akan mendapatkan pasokan makanan ataupun minum. Akibatnya, kemungkinan tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan pun semakin besar.

Untuk mengatasi dan mencegah bibir kering dan pecah-pecah, penuhilah kebutuhan tubuh akan cairan dengan cara banyak minum air putih dan juga konsumsi buah dan sayur yang kaya akan kandungan air. Selain itu, seperti yang dikutip dari bubblews, untuk mencegah dan mengatasi bibir kering dan pecah-pecah sat puasa selama bulan Ramadhan bisa dilakukan dengan menerapkan enam tips berikut ini:

1. Pengelupasan kulit bibir
Lakukan pengelupasan kulit mati di bibir Anda, setidaknya sekali seminggu. Untuk caranya; basahi bibir dengan air hangat kemudian gosok bibir dengan sikat gigi yang lembut. Agar tidak melukai bibir, lakukan secara perlahan. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan produk pengelupasan untuk bibir.

loading...

2. Gunakan lip balm
Rajin menggunakan lip balm bisa menjadi cara lain untuk mencegah bibir kering. Carilah lip balm yang kaya pelembab, mengandung minyak alami dan diberi label SPF (sun protection factor), yang bisa menjaga bibir Anda dari sinar matahari yang merupakan salah satu pemicu bibir kering.

3. Hindari makanan pedas dan asin
Hindarilah makan makanan yang pedas dan terlalu asin saat makan sahur atau berbuka puasa. Makanan yang terlalu pedas dan asin bisa lebih mudah menyebabkan bibir dan mulut kering. Selain itu, banyak mengonsumsi makanan yang pedas dan asin juga akan membuat perut Anda merasa lapar lebih cepat.

4. Hindari menjilat bibir
Kebiasaan menjilat bibir tidak akan membantu melembabkan bibir Anda, yang ada justru cara ini bisa memperburuk kondisi kulit bibir. Karena air liur yang menempel akan membuat bibir Anda lebih kering. Untuk itulah maka sebaiknya hilangkan kebiasaan Anda menjilat bibir.

5. Gunakan madu
Cara alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah dengan menggunakan madu. Selain dengan cara dikonsumsi, Anda juga bisa mengoleskannya pada bibir. Yang menjadi masalahnya adalah bawah Anda tidak bisa menempatkan madu pada bibir di tengah hari. Untuk itu, Anda bisa mengoleskan madu pada waktu tidur. Kemudian saat fajar atau ketika sahur, minum tiga sendok makan madu. Selain bisa mencegah bibir kering, madu juga bermanfaat memberikan Anda kekuatan selama berpuasa.

6. Konsumsi buah dan sayuran segar
Mengonsumsi buah dan sayur segar akan menutrisi kulit bibir dari dalam. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan atau malas untuk makan buah dan sayur segar, inilah yang yang seringkali menjadi penyebab kulit dan bibir kering.

Tambahkan buah segar dan sayur sebagai bagian dari menu untuk sahur dan buka puasa. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayur sangat baik karena akan membuat kulit Anda terlihat lebih segar.

Loading...

Hasil pencarian:

bibir kering gatal dan perih, obat bibir gatal dan kering, Ciri dan akibat santan pecah, penyembuh bibir gatal dan perih
6 Tips Cara Mengatasi Bibir Kering & Pecah-pecah Saat Puasa Ramadhan | inicarak | 4.5