Loading...

6 Tips Cara Mengatasi Pre-eklamasi Pada Ibu Hamil

Salah satu problem yang sering dialami pada masa kehamilan adalah terjadinya pre-eklamasi (pre-eklamsia). Pre-eklamsia sendiri merupakan kelainan hipertensif yang terjadi pada ibu hamil yang melibatkan multiorgan, yang ditandai dengan hipertensi, proteinuria dan edema, setelah usia gestasi 20 minggu. Masalah ini ditemukan pada tiga sampai enam persen kehamilan.

Nah, seperti yang dkutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah tips cara mengatasi pre-eklamasi pada ibu hamil.

1. Lebih peduli
Untuk memastikan hipertensi bisa dikontrol dengan baik saat hamil, maka ibu hamil harus diberikan pendidikan antenatal yang tepat.Tujuannya adalah supaya mereka bisa mewaspadai gejala hipertensi dan mendapatkan pengobatan sejak dini.

loading...

2. Waspadai riwayat penyakit
Wanita yang didiagnosis penyakit ginjal kronis, diabetes, dan hipertensi memiliki kemungkinanan terkena hipertensi saat kehamilan lebih besar. Bahkan bila tidak memiliki riwayat sekalipun, kewaspadaan diperlukan dalam kasus-kasus seperti ini.

3. Berkonsultasi dengan dokter
Hipertensi saat hamil menjadi lebih sulit jika sebelum hamil memang mempunyai riwayat penyakit ini. Maka dari itu, anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter untuk merubah resep sebelumnya yang mungkin berbahaya bagi bayi yang ada dalam kandungan.

4. Waspadai gejala
Ibu yang sedang hamil harus tetap waspada terhadap munculnya gejala hipertensi atau preeklamsia seperti gangguan penglihatan, sesak napas, sakit kepala parah, dan muntah.

5. Batasi kegiatan
Wanita yang rentan terhadap hipertensi saat hamil perlu membatasi kegiatan dan tidak tergesa-gesa mengerjakan sesuatu. Tujuannya adalah agar tekanan darah tidak sering mengalami kenaikan, sehingga olahraga berat dan melelahkan tidak dianjurkan.

6. Banyak istirahat
Cara yang terbaik untuk menangani hipertensi saat masa kehamilan adalah dengan banyak istirahat dan jangan memaksakan diri untuk melakukan aktivitas berlebihan. Rilekskan tubuh anda, sehingga akan membantu mengembalikan tekanan darah ke kondisi normal.

Loading...
6 Tips Cara Mengatasi Pre-eklamasi Pada Ibu Hamil | inicarak | 4.5