Loading...

6 Tips Cara Menghadapi Musuh di Kantor

Musuh memang bisa ada di mana saja, termasuk juga di kantor. Meski kita sudah mencoba untuk bersikap baik kepada semua orang, namun tetap saja ada orang yang tidak suka dengan kita.

Mempunyai rival atau musuh di kantor tentulah membuat situasi kerja menjadi kurang nyaman. Memang sih, adanya musuh, saingan, tukang komentar, rival, atau apapun namanya terkadang bisa membuat kita terpacu untuk mencapai performa yang lebih baik. Namun, bagaimana bila kita harus bekerja sama dengan musuh di satu tim atau satu proyek?

Terus menerus bersitegang dengan rekan kerja sendiri lama-lama akan memperburuk suasana dan bisa berdampak buruk bagi orang-orang di sekitar kalian.

loading...

Daripada harus menghabiskan jam makan siang untuk mengeluh tentang musuh di kantor dan membawa energi negatif bagi rekan-rekan lain, akan lebih baik bila anda salurkan emosi untuk “membakar” semangat berkarier.

Untuk menghadapi musuh di kantor dengan lebih dewasa dan menguntungkan, anda bisa mengikuti tips dan trik berikut ini yang sebagaimana dikutip dari laman jobsdb.co.id:

1. Bohong Putih
Kebohongan tidak selamanya buruk dan negatif. Ada istilah white lie yang merupakan kebohongan demi kebaikan. Terkadang kita memang harus berbohong agar segala sesuatunya berjalan baik. Bayangkan betapa kacaunya kalau semua orang selalu jujur.

2. Kesopanan
Kesopanan akan membuat hubungan antar manusia berjalan dengan baik, khususnya untuk anda dan musuh anda. Seorang ahli filsafat bernama Eric Hoffer, mengatakan bahwa mencari-cari kesalahan orang yang kita benci akan makin mengobarkan kebencian. Sebaliknya, memperlakukan musuh di kantor dengan murah hati akan memadamkan kebencian kita.

3. Pujian
Bahkan jika harus sedikit berbohong tentang pujian tersebut. Jika anda memuji seseorang, mereka akan melihat pujian tersebut sebagai itikad baik anda. Mungkin, ia akan mulai bersikap baik dan balas memuji anda. Hal ini akan mampu meredakan ketegangan di antara anda berdua dan mengubah hubungan menjadi lebih baik serta menguntungkan.

4. Minta Saran dan Nasihat
Oke, mungkin ini kedengarannya gila. Untuk apa minta saran pada orang yang terus-menerus mengkritik, memperlakukan anda seperti bawahannya (padahal anda berdua selevel), dan sering menyalahkan anda? Bukankah lebih baik orang-orang macam ini langsung didorong ke dalam kawah gunung berapi saja?

5. Merenung
Daripada memikirkan cara-cara untuk membuat musuh anda yang ada di kantor menderita, bagaimana bila anda merenung sejenak tentang si makhluk-menyebalkan-dari-kerak-neraka itu.

Seorang filsuf bernama Philo, menyarakan untuk berbaik hati pada musuh anda, karena semua orang memiliki perjuangan keras dalam hidupnya. Mungkin musuh anda pernah mengalami hal-hal sulit yang membentuk kepribadian kerasnya. Lalu, coba lihat lagi bagaimana orang-orang lain berinteraksi dengannya. Apa hanya anda yang merasa tidak suka padanya? Apakah dia hanya menyebalkan terhadap anda? Apakah anda di-bully?

6. Abaikan
Bila dia tidak juga berubah dan sikapnya tetap menyebalkan, sebaiknya abaikan dan anggap dia tidak ada dalam kantor anda. Sepanjang tidak mengganggu pekerjaan dan tugas anda, sebaiknya jangan pedulikan keberadaannya. Karena itu akan merusak mood dan kinerja anda.

Loading...
6 Tips Cara Menghadapi Musuh di Kantor | inicarak | 4.5