Loading...

6 Tips Cara Mengurangi Keinginanan untuk Mengonsumsi Gula

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula tinggi bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, misalnya adalah meningkatkan resiko obesitas dan terkena penyakit diabetes. Sayangnya, tidak sedikit mereka yang sulit untuk bisa berhenti dari mengonsumsi gula.

Sebagaimana yang dikutip dari laman Femalefirst, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi keinginan mengonsumsi gula:

1. Menolak bukan jawaban
Menghindari diri untuk makan makanan manis justru terbukti meningkatkan keinginan tersebut lebih besar lagi. Sedikit sajian manis yang sehat dari buah-buahan atau puding bisa membantu.

loading...

2. Cukup tidur
Ketika kita lelah, kita akan lebih sering menginginkan gula. Karena itu, pastikan bahwa anda benar-benar mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

3. Cobalah makanan detoks alami
Coba konsumsi makanan hijau dan mentah seperti sayur dan buah. Makanan ini tidak hanya mendetoksifikasi, namun juga bisa membantu mengatur gula darah, dengan menyediakan protein dan mineral yang bertanggung jawab untuk pemeliharaan tingkat gula darah.

4. Hindari emosi berlebihan
Tidak jarang keinginan untuk makan makanan manis muncul saat kita mengalami masalah emosional. Sebelum hal itu terjadi, cobalah berhenti sejenak untuk berpikir tentang apa yang anda akan lakukan dan menenangkan emosi saat itu juga.

5. Coba makanan berempah
Anda juga bisa mencoba makanan dengan rempah penyedap dan minuman dengan vanili atau rempah-rempah seperti pala atau kayu manis dan kapulaga yang menambah rasa.

6. Jaga keseimbangan gizi
Kekurangan gizi bisa membuat keinginan makanan manis semakin memburuk. Nutrisi seperti kromium, vitamin B3, dan magnesium bisa membantu meningkatkan kontrol gula darah.

Loading...
6 Tips Cara Mengurangi Keinginanan untuk Mengonsumsi Gula | inicarak | 4.5