Loading...

6 Tips Membeli Komputer Baru dan Bekas

Agar Anda tidak merasa tertipu saat membeli komputer baik itu komputer baru ataupun komputer bekas, maka ada baiknya jika Anda terlebih dahulu menyimak enam tips berikut ini.

Seperti yang dikatakan oleh Central Marketing Organization Lead Microsoft Indonesia Willy Hendrajudo, ada enam hal yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli komputer baru atau bekas.

“Saat konsumen membeli komputer baru atau bekas setidaknya ada enam hal yang harus diperhatikan,” kata Willy Hendrajudo seperti yang dikutip dari laman Kabar24.

loading...

Berikut ini adalah enam tips jika Anda ingin membeli komputer Windows, baik itu komputer baru ataupun komputer bekas:

1. Certificate of Authenticity (CoA)
COA adalah stiker atau label yang sering ditempel di body komputer untuk produk seperti Windows atau Windows Server. Untuk beberapa laptop terbaru, biasanya berada di dalam kompartemen baterai.

2. Label kunci produk
Calon pembeli harus memeriksa label putih atau orange berisi 25 karakter kunci produk yang disertai instalasi CD atau DVD.

3. Fitur hologram pengaman
Semua produk Microsoft yang asli memiliki fitur hologram pengaman yang terpasang di dalam disk-jika berupa stiker, maka bukanlah produk asli.

4. Detail kemasan
Kesalahan pengejaan, teks blur, kualitas cetak yang buruk atau foto/logo yang salah merupakan tanda jika ada sesuatu yang salah.

5. Keaslian Microsoft
Komputer yang memiliki lisensi yang benar seharusnya memiliki label keaslian Microsoft atau label Certificate of Authenticity (CoA). Selain itu, label Microsoft juga meliputi segel yang terlihat setelah label dilepas.

6. Tinta gradasi warna
Gradasi warna pada label didesain untuk merubah satu warna menjadi warna lain ketika dilihat dari berbagai sudut, agar lebih mudah dideteksi keasliannya.

Loading...
6 Tips Membeli Komputer Baru dan Bekas | inicarak | 4.5