Loading...

7 Bahan Herbal yang Bisa Jadi Obat Batuk Alami

Minum minuman yang bersuhu dingin memang terasa menyegarkan di tenggorokan. Namun ketik batuk, ini bukanlah pilihan yang tepat. Pasalnya, mengonsumsi minuman dingin ketika batuk justru akan semakin memperparah kondisinya.

Sebagai gantinya, minum minuman yang bersuhu hangat sangat dianjurkan karena sini akan membantu menghangatkan tenggorokan sehingga bisa menekan batuk. Misalnya saja rebusan air jahe atau sekedar minum air hangat bisa membantu.

Namun penting juga untuk diperhatikan, meski minum air hangat disarankan, sebaiknya suhu air tersebut tidak terlalu panas. Yang dianjurkan adalah air yang bersuhu ruangan atau ruam kuku karena saat meminumnya ini tidak akan ada rasa menyengat di tenggorokan sehingga tidak memperparah batuknya.

Cara Minum Sirup Obat Batuk

Obat Herbal untuk Menyembuhkan Batuk

loading...

Tidak hanya dengan minum air hangat, mengonsumsi obat herbal juga bisa dilakukan untuk membantu meredakan batuk. Berbagai obat herbal untuk mencegah dan memperbaiki gejala batuk saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Bahkan ada juga yang bisa untuk mengobati penyakitnya. Akan tetapi obat herbal sebaiknya hanya dikonsumsi untuk mengatasi gejala saja.

Bila dibandingkan dengan konsumsi antibiotik, obat herbal memang jauh lebih aman. Karena fungsinya melegakan tenggorokan, maka obat jenis ini bisa diminum setiap hari. Selain yang dijual di asaran, obat herbal yang anda konsumsi juga bisa berasal dan mungkin bahkan selalu ada di dapur rumah anda. Apa saja itu?

Obat Herbal untuk Menyembuhkan Batuk

Beberapa obat herbal alami untuk meredakan batuk yang mungkin bisa anda temukan dengan mudah di dapur rumah anda misalnya:

1. Jahe
Air rebusan jahe bisa anda minum untuk membantu menghangatkan tubuh ketika sedang batuk. Malam hari merupakan waktu terbaik untuk mengonsumsinya. Hal ini dikarenakan secara umum ketika malam hari batuk akan muncul lebih sering. Terutama pada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap dingin.

2. Kunyit
Layaknya jahe, kunyit juga bisa membantu dalam memberikan efek menghangatkan tubuh. Tidak hanya menghangatkan, namun kunyit juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga akan membantu meningkatkan sistem imun tubuh yang pada akhirnya akan membantu mempercepat proses penyembuhan batuk.

3. Kencur
Bahan ini menjadi salah satu pilihan mereka yang ingin mendapatkan suara merdu. Manfaat kencur berguna untuk membantu menjaga kondisi pita suara yang ada di tenggorok. Sebab itu kencur juga biasa dikonsumsi sebelum tampil oleh para penyanyi. Mengkonsumsi kencur juga bisa membantu melegakan tenggorokan sehingga kualitas suara tetap bisa terjaga.

4. Akar kayu legi
Ada dua jenis batuk, yaitu batuk berdahak atau yang berlendir dan batuk kering. Nah, bagi yang mengalami batuk berdahak, akar kayu legi ini bisa membantu menghilangkan lendir.

5. Timi
Seperti pada akar kayu legi, bahan herbal yang satu ini juga banyak dikonsumsi karena bisa membantu dalam mengurangi serta menghilangkan lendir yang menghalangi jalan napas.

6. Cengkeh
Selain menghilangkan bau mulut, manfaat cengkeh juga bisa membantu dalam mengatasi batuk berdahak maupun kering. Anda bisa mengunyah langsung atau meminum air ramuan cengkeh yang bisa dibuat sendiri di rumah. Mungkin rasanya akan sedikit getir dan ada pahitnya, namun kandungan kimia yang ada di dalam cengkeh merupakan ekspektoran alami yang dapat mengencerkan dahak. Bila perlu, anda juga bisa menambahkan perasan lemon supaya vitamin C yang ada di dalamnya bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Madu
Iritasi jalan napas oleh virus atau bakteri bisa menjadi penyebab batuk. Memang tidak secara langsung mengiritasi, namun virus dan bakteri biasanya menunggu saat daya tahan tubuh lemah. Nah, bila anda rajin meminum madu, ini bisa membantu menjaga stamina dan mempertahankan daya tahan tubuh sehingga batuk yang anda alami pun bisa dengan cepat sembuh.

Setiap orang tentunya pernah mengalami batuk. Namun secara umum batuk yang muncul bukanlah merupakan suatu penyakit, akan tetapi adalah merupakan gejala atau pertanda adanya masalah dalam tubuh. Batuk sendiri merupakan reflek proteksi tubuh untuk mencegah partikel bakteri atau virus masuk ke dalam tubuh. Nah, faktor penyebab batuk yang paling banyak adalah virus dan bakteri ini. Karena apabil keduanya ini berhasil membuat iritasi di jalur napas, maka sudah pasti batuk akan muncul. Untuk itu sangat penting menjaga dan bahkan bila mungkin untuk meningkatkan daya imunitas tubuh agar virus dan bakteri tidak mudah masuk dan menyerang tubuh.

Juga sebaiknya ketika batuk sedang menyerang, ada baiknya bila anda menghindari beberapa makanan tertentu. Pasalnya beberapa jenis makanan bila dikonsumsi ketika batuk bisa semakin memperparah. Makan yang sebaiknya dihindari saat batuk tersebut misalnya es krim, gorengan, minuman berkafein dan lainnya.

Loading...

Hasil pencarian:

dvd mobil kaset tidak bisa masuk, apakah boleh papsmear saat keputihan, apakah kaset dvd bisa masuk di mobil, cara mengobati telinga dengan air tawas, Cd g bisa masuk di tap mobil, dvd mobil tidak bisa maauk, manfaat pete utk libido, pengganti ion tubuh ibu menyusui
7 Bahan Herbal yang Bisa Jadi Obat Batuk Alami | admin | 4.5