Loading...

7 Cara Berhenti Merokok yang Bisa Dicoba

Berhenti merokok bermanfaat pada semua usia, khususnya jika orang berhenti merokok sebelum terserang penyakit. Bahkan dari hasil studi terbaru menunjukkan bahwa berapapun usianya, mantan perokok tetap akan bisa hidup lebih lama dibanding orang yang tidak berhasil menyingkirkan kebiasaan mengisap rokok. Program berhenti merokok punya efek preventif bahkan pada perokok berusia 60 tahun atau lebih sekalipun, demikian menurut laporan peneliti Jerman dalam Archives of Internal Medicine seperti yang dikutip Kantor Berita Reuters.

Melanjutkan tips sebelumnya, yaitu cara berhenti merokok, berikut ini ada beberapa tips cara lain untuk berhenti merokok yang bisa Anda coba lakukan :

1. Berusaha menahan gejala ketagihan nikotin. Senyawa ini sangat adiktif, sehingga dapat dipertimbangkan penggunaan nicotin replacement semisal permen, inhaler dan zat lain. Dengan pemberian nikotin dosis rendah, diharapkan efek ketagihan akan berkurang secara perlahan.

loading...

2. Ikut sertakan teman atau keluarga. Jika memiliki niat dan menjalani bersama-sama, hal ini terasa lebih mudah. Jika tidak, orang yang berada dekat Anda bisa membuat keinginan muncul kembali saat dia merokok.

3. Hindari godaan pada hari-hari awal. Godaan muncul begitu kuat. Salah satu cara adalah mengubah jadwal yang dapat menjadi awal kembali merokok. Misalnya Anda tidak pergi ke kafe di malam minggu, saat Anda memulai program berhenti merokok.

4. Cobalah kebiasaan pengganti. Kebiasaan itu bisa diganti dengan mengunyah permen karet, banyak minum air putih atau penganan kecil juga dapat digunakan.

5. Tidak perlu kuatir terjadi kenaikan berat badan. Saat berhenti merokok, berat badan bisa saja bertambah. Nikotin mengubah nafsu makan dan energi yang digunakan dalam metabolisme. Berhenti mengkonsumsi makanan berlemak dan berolah raga secara teratur merupakan strategi jitu menurunkan berat badan.

6. Pertimbangkan terapi lain. Misalnya akupuntur, atau terapi hipnotis, namun belum ada bukti ilmiah keberhasilan terapi tersebut.

7. Jika tidak dapat berhenti dalam waktu singkat, pertimbangkan penggunaan zat nikotin kadar rendah. Terburu-buru dalam berhenti merokok, tanpa merencanakan target ke depan tahapan yang akan dilakukan, biasanya akan gagal. Penelitian menunjukkan bahwa perokok yang menggunakan nicotine replacement products, misalnya permen karet meningkatkan keberhasilan berhenti merokok.

8. Waspada munculnya kembali keinginan merokok. Dalam beberapa hari atau minggu godaan merokok sangat tinggi. Dapat saja muncul alasan “satu batang rokok tidak berbahaya” padahal pikiran tersebut merupakan langkah awal ketagihan. Jika berada dalam kondisi tertekan atau marah dan Anda sebelumnya merokok sebagai pelarian, lawan keinginan tersebut sebisa mungkin. Jika ingin kembali mengisap rokok, Anda akan kehilangan semua yang sudah dilakukan hanya dalam waktu sesaat.

Loading...
7 Cara Berhenti Merokok yang Bisa Dicoba | inicarak | 4.5