Loading...

7 Cara Mengatasi Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

Banyak wanita yang merasa khawatir saat menstruasi datang tidak teratur. Biasanya, hal ini disebabkan karena wanita merasa takut hamil di luar rencana atau masalah hormonal. Dalam siklus menstruasi, banyak faktor yang mempengaruhinya, terutama faktor hormonal dan psikologis.

Faktor penting lainnya selain stres dan kecemasan yang terjadi beberapa hari terakhir adalah PCOS (sindrom ovarium poli kistik) dan kista endometriosis yang bisa membuat menstruasi Anda terlewatikan.

Penyebab lain tidak teraturnya siklus menstruasi adalah penggunaan pil KB dan terapi hormon. Faktor lain termasuk sindrom iritasi usus, TBC, penyakit hati, dan diabetes juga dapat menyebabkan siklus menstruasi tak terjawab dan tak teratur.

loading...

Begitu juga dengan ibu menyusui yang mengalami menstruasi yang tak terlewati. Untuk itu, sebaiknya Anda mencari bantuan medis jika siklus mesntruasi terlewat satu atau dua kali haid.

Pada umumnya, wanita akan mengalami menstruasi sebanyak 12-13 kali dalam setahun. Namun beberapa wanita mungkin hanya mengalami 9-10 kali, tergantung sifat fisiologisnya.

Ada beberapa obat yang bisa membantu Anda mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Namun perlu untuk diperhatikan bahwa ibu yang sedang merencanakan kehamilan bisa menghindari langkah-langkah berikut ini seperti dikutip Boldsky, Jumat (29/3/2013):

1. Jus ara yang dikenal bisa membantu meringankan siklus menstruasi yang tidak teratur. Anda bisa menggantinya dengan pepaya. Makan pepaya bisa mengatasi masalah menstruasi tidak teratur dengan segera.

2. Agar menstruasi teratur, melakukan diet sehat dan olahraga sangatlah penting. Diet kaya antioksidan dan Asam Lemak Omega-3 sangat baik untuk kesehatan rahim. Wanita yang menstruasinya tidak teratur juga dianjurkan untuk melakukan latihan kardio ringan tiga kali seminggu.

3. Yoga manfaatnya tidak terbatas. Ada banyak penyakit di dunia yang bisa disembuhkan dengan yoga. Melakukan yoga selama satu jam dapat membantu siklus menstruasi Anda menjadi teratur. Selain itu, terapi yoga juga bisa membantu mengurangi dan menghancurkan fibroid dan kista.

4. Minum teh hijau yang dicampur dengan herbal alami seperti kulit manjishtha (Rubia cordifolia), madu, dan neem bisa menjadi obat yang sempurna untuk anemia. Ini bisa membantu membersihkan darah. Minum ramuan ini secara teratur selama tiga kali siklus menstruasi untuk mengatasi siklus yang tidak teratur.

5. Rasa pare yang pahit mungkin tidak Anda sukai. Namun jus pare buatan rumah bisa untuk mengobati menstruasi yang tidak teratur.

6. Tidur yang benar. Selain obat, adalah sangat penting untuk tidur minimal 6-8 jam sehari. Ini karena tidur yang terganggu bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon sehingga mengarah ke menstruasi yang tidak teratur.

7. Menenangkan diri. Meskipun ada banyak obat-obatan, tetap tenang dan membebaskan diri dari stres memainkan peran penting dalam mengatur siklus menstruasi.

Loading...

Hasil pencarian:

cara mengatasi siklus haid pendek, akibat tidak teraturnya minum pil kb, hal yg dirasakan saat macetnya menstruasi
7 Cara Mengatasi Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur | inicarak | 4.5