Loading...

7 Cara Meningkatkan Ketajaman Daya Ingat Agar Tidak Gampang Lupa

Saat terburu-buru ke kantor ternyata di tengah perjalanan anda baru ingat bahwa ponsel anda masih tertinggal meja makan. Apakah anda sering mengalami hal yang demikian, atau lupa meletakkan barang penting anda?

Fungsi otak, seiring dengan bertambahnya usia seseorang akan mengalami penurunan. Penurunan fungsi otak ini diakibatkan oleh proses penuaan dan dampak kondisi kesehatan yang menurun.

Meski orang tua lebih beresiko mengalami penurunan fungsi otak yang mengakibatkan lebih mudah lupa, namun bukan berarti kaum muda tidak. Karena bukan tidak mungkin bila masih muda namun sudah mengalami sering lupa.

loading...

Cara Meningkatkan Daya Ingat Agar Tidak Mudah Lupa

Nah, untuk cara mencegah agar tidak gampang lupa, maka cara yang bisa dilakukan tentunya adalah dengan meningkatkan daya ingat. Ada beberapa cara untuk meningkatkan daya ingat, salah satunya adalah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Sebagaimana yang dikutip dari laman purewow.com, berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mempertajam ingatan agar tidak gampang lupa. Diantaranya:

1. Bermain teka-teki silang
Saat ini ada banyak cara untuk mendapatkan permainan teka-teki silang, seperti misalnya dengan mengunduh di ponsel atau membeli majalah yang masih menyediakan permainan ini. Meski terlihat sebagai permainan orang yang tidak punya pekerjaan, namun nyatanya bermain teka-teki silang bisa membantu mengaktifkan sinopsis dalam otak untuk mengingat berbagai fakta lama.

2. Perbanyak waktu tidur
Saat seseorang sering mengalami kurang tidur, hal itu bukan mustahil akan membuat sulit berkonsentrasi sehari-hari. Alasannya adalah karena tidur dan memori memiliki ikatan yang penting. Yang pertama, anda membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk dapat belajar dan fokus. Kedua, otak akan mudah menyerap informasi baru ketika Anda tidur.

3. Konsumsi makanan bergizi
Sumber terbaik untuk meningkatkan memori dan kesehatan mental adalah mengonsumsi buah dan sayuran. Buah berry memiliki kandungan yang kaya akan anthocyanidins, sejenis antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi kognitif dan membantu mencegah penyakit Alzheimer. Demikian menurut hasil studi dari Harvard University. Sementara itu manfaat dari sayuran hijau, seperti brokoli dan bayam bisa memperlambat penurunan fungsi kognitif. Sementara alpukat bisa meningkatkan aliran darah ke otak.

4. Melakukan olahraga lari
Latihan aerobik yang rutin bisa membantu memperluas hippocampus, daerah otak yang terlibat dengan memori dan pembelajaran. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa 40 menit berjalan kaki akan mempengaruhi kesehatan otak anda secara keseluruhan.

5. Meperbanyak tawa
Tertawa benar-benar bisa menjadi obat terbaik untuk meningkatkan daya fungsi otak, demikian menurut studi dari Loma Linda University. Tertawa pada lelucon yang lucu terbukti bisa meningkatkan memori jangka pendek pada orang dewasa.

6. Minum kopi
Beruntunglah bagi anda yang selalu mengawali hari dengan minum secangkir kopi. Pasalnya, kafein yang terkandung dalam kopi memberikan efek pada manusia. Kafein membuat proses mengingat menjadi lebih permanen dan susah dilupakan.

7. Konsumsi vitamin
Jika Anda telah berhasil mendapatkan waktu tidur yang cukup dan makanan sehat, sekarang saatnya mengonsumsi vitamin yang bisa menjaga kesehatan otak anda. Salah satunya dengan cara minum vitamin B12 yang bisa ditemukan di susu dan ikan, yang bisa dikonsumsi sehari-hari.

Loading...

Hasil pencarian:

evercoss A12B lupa pola, lupa pola evercroos a12b
7 Cara Meningkatkan Ketajaman Daya Ingat Agar Tidak Gampang Lupa | admin | 4.5