Loading...

7 Cara Mudah Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Bermasalah dengan tekanan darah rendah tentu sangatlah tidak baik. Hal ini karena tekanan darah rendah biasanya akan disertai dengan gejala berupa gangguan kesehatan lainnya seperti kepala sering merasa pusing, sesak napas, kulit terlihat pucat hingga denyut jantung yang tidak teratur.

Seseorang yang menderita tekanan darah rendah harus segera diobati. Karena sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk mengatasi tekanan darah rendah. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi tekanan darah rendah yang bisa dicoba.

1. Olahraga yang teratur
Tidak harus olahraga berat, olahraga ringan pun boleh, asal teratur. Olahraga ringan misalnya dengan jalan santai 30 menit atau joging untuk membantu meringankan gejala tekanan darah rendah. Atau kalau tidak bisa juga dengan berenang atau bersepeda dua hingga tiga kali seminggu. Dengan rajin dan teratur olahraga sekurang-kurangnya 30 menit setiap hari, hal ini akan sangat bermanfaat membantu menstabilkan tekanan darah seseorang.

loading...

2. Cukupi konsumsi air
Pastikan tubuh anda selalu tercukupi kebutuhan asupan cairannya. Konsumsilah cukup air setiap hari sekitar 8 hingga 10 gelas setiap hari. Darah adalah berbentuk cairan, karena itu saat tubuh mendapat cukup air, maka air ini bisa meningkatkan volume darah.

3. Makan makanan yang sehat
Makan tidak cukup hanya asal bikin kenyang. Namun sangat penting juga untuk makan makanan sehat setiap hari. Makanlah banyak buah dan sayur, juga daging merah karena baik untuk meningkatkan tekanan darah. Saat mengonsumsi daging, pilihlah daging merah yang tanpa lemak yang dimasak dengan cara direbus atau bisa juga yang dipanggang.

4. Tingkatkan asupan garam
Berlawanan dengan penderita hipertensi, maka pada penderita hipotensi justru dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi asupan garam, terutama bila hipotensi terjadi karena mual dan muntah.

5. Hindari minuman beralkohol
Tidak ada manfaat mengonsumsi alkohol, begitu juga bagi penderita hipotensi. Hal ini karena dampak buruk minuman beralkohol justru bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi dan kondisi ini akan semakin memperburuk terjadinya hipotensi.

6. Hindari cara diet yang salah
Diet yang salah cara melakukannya justru bisa menyebabkan banyak penyakit masuk dalam tubuh, bukan membantu menurunkan berat badan. Adapun diet yang tidak dianjurkan adalah diet dengan cara menahan untuk tidak makan dan membiarkan perut hingga merasa kelaparan. Sebaiknya anda hindari cara diet yang seperti ini karena hanya akan merusak tubuh dan membuat tubuh menjadi semakin lemah. Saat berdiet, pastikan bahwa semua kebutuhan nutrisi, karbohidrat, protein, kalsium dan semua vitamin tercukupi.

7. Bangun perlahan
Oya, biasanya kalau kita menderita tekanan darah rendah, maka kita akan sering mengalami pusing, terutama saat beranjak dari tempat tidur, bangun dari jongkok atau berdiri dari kursi. Untuk mengatasi hal itu, caranya adalah dengan tidak melakukan gerakan tiba-tiba. Saat bangun tidur, dari posisi berbaring ke posisi duduk, lakukan secara perlahan. Demikian juga kalau kita jongkok, berdirilah secara perlahan atau dari posisi duduk ke berdiri lakukan secara perlahan.

Loading...
7 Cara Mudah Mengatasi Tekanan Darah Rendah | inicarak | 4.5