Loading...

7 Cara Mudah Mengobati Susah Buang Air Besar atau Sembelit

Merepotkan memang bila harus bermasalah dengan susah buang air besar atau BAB. Bagaimana tidak, perut sudah sakit tak tertahankan, namun yang di dalam tidak juga kunjung mau keluar.

Sebenarnya, kini sudah banyak di jual di pasaran obat untuk mengatasi sulit buang air besar. Namun sebelum anda menggunakan obat susah buang air besar yang dijual di toko obat, ada baiknya bila anda mencoba beberapa cara sederhana berikut ini untuk mengatasi masalah susah buang air besar atau sembelit yang sedang anda alami.

1. Perbanyak konsumsi cairan
Minum air sangat bermanfaat membantu mengatasi masalah susah buang air besar. Minumlah setidaknya 3 liter air setiap hari. Tapi ingat, sebaiknya anda hindari minum air keran karena ada banyak zat tambahan yang tidak baik untuk sistem pencernaan.

loading...

2. Tambahkan serat dalam diet
Sembelit adalah salah satu tanda bahwa anda kurang mengonsumsi serat. Karena itu, terapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, biji-bijian, sayuran berdaun, dan perbanyak cairan. Dengan banyak mengonsumsi serat, ini akan sangat membantu anda buang air lebih mudah.

3. Hindari makanan tertentu
Beberapa jenis makanan tertentu harus anda hindari, setidaknya anda batasi bila anda ingin mencegah sembelit. Beberapa makanan yang harus anda hindari adalah produk susu seperti susu, yogurt, serta makanan yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi, makanan yang tinggi akan kandungan kolesterolnya, dan juga makanan yang diproses. Makan makanan yang berlemak dan junk food hanya akan semakin memperburuk rasa sakit.

4. Meningkatkan aktivitas fisik
Mulailah aktivitas fisik untuk membantu mengatasi susah BAB dengan berjalan atau mencoba latihan sederhana seperti jogging, lompat tali, bersepeda, dan berenang. Dengan rajin olahraga akan membuat jantung terpompa dan mengalirkan darah yang pada akhirnya akan membantu mengatasi sembelit.

5. Efek obat
Penyebab sembelit juga bisa karena efek samping obat atau karena beberapa penyakit. Jika anda minum obat atau menderita penyakit yang berhubungan dengan sembelit, anda cobalah menghindari makanan yang berisiko membuat sembelit. Diskusikan dengan dokter anda.

6. Hindari stres dan depresi
Tanpa anda sadari, stres dan depresi juga bisa menyebabkan sembelit. Karena itu, hindari terlibat dengan kegiatan yang bisa memicu stres dan ketegangan serta kekhawatiran. Semua kondisi mental seperti itu bisa mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari dan kebiasaan makanan kita.

7. Coba pengobatan alami
Bila semua cara di atas sudah anda coba dan terapkan namun anda tetap bermasalah dengan susah buang air besar, maka anda bisa mencoba cara mengobati sembelit secara alami. Berikut ini adalah bahan alami untuk mengobati susah buang air besar.

  • Jus Prune
  • Makan buah pir saat sarapan atau setelah makan malam
  • Makan 1-2 buah jeruk sebelum tidur. Ini akan merangsang perut Anda.
  • Cobalah anggur dan madu yang umumnya dikenal sebagai pencahar alami
  • Cobalah jus lidah buaya. Aloe vera (lidah buaya) melemaskan otot-otot pencernaan dan usus sehingga feses bisa melewati dengan mudah. Cairan berserat halus dari tanaman lidah buaya menenangkan otot-otot pencernaan anda dan melembutkan feses anda.

Itulah beberapa cara mudah dan sederhana mengobati susah buang air besar yang dapat anda coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh.

Loading...

Hasil pencarian:

obat susah bab yang dijual ditoko
7 Cara Mudah Mengobati Susah Buang Air Besar atau Sembelit | inicarak | 4.5