Loading...

7 Fakta Seputar Ibu Hamil, Janin dan Rokok Yang Harus Anda Tahu

Merokok adalah salah satu kebiasaan paling buruk yang dilakukan oleh manusia. Berbagai riset dan penelitian telah memaparkan akan betapa bahaya yang bisa muncul akibat daria kebiasaan merokok untuk kesehatan tubuh, mulai dari penyakit jantung, kanker, gangguan seksual hingga kehamilan. Bahkan meski dalam kemasan rokok sudah ditulis dengan jelas bahwa “MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN”, namun orang sepertinya tidak pernah memperdulikannya. Hanya sebagian kecil orang yang pernah merasakan akibat buruk dari merokok yang mencoba untuk berhenti merokok.

Terkait masalah kesehatan antara kehamilan dan janin, ada beberapa fakta yang sebaiknya anda ketahui. Seperti yang dikutip dari bilna.com, berikut di antaranya:

1. Asap rokok menjadi salah satu penyebab kematian dini (premature death) pada bayi yang sedang dikandung.

loading...

2. Rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia berbahaya, saat ibu hamil merokok, maka racunnya akan terbawa ke aliran darah yang merupakan satu-satunya sumber oksigen dan asupan bagi janin

3. Nikotin mencapai otak dalam 10 detik setelah rokok dihisap, lalu menyebar ke seluruh bagian tubuh melalui sirkulasi darah, termasuk pada Air Susu Ibu.

4. Asap rokok dapat meningkatkan risiko bayi meninggal akibat SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) dibandingkan dengan bayi yang tidak terkena sap rokok.

5. Calon bayi dari wanita perokok berisiko lahir cacat anggota tubuh atau bibir sumbing 25% lebih banyak ketimbang dari wanita yang tidak merokok.

6. Air ketuban akan pecah lebih awal, sebelum waktu kehamilan. Hal ini dapat mengancam kehamilan, janin bahkan berbahaya bagi sang Ibu.

7. Bayi yang disusui oleh ibu perokok, lebih rentan kolik dan umumnya lebih rewel dibanding yang tidak perokok.

Loading...
7 Fakta Seputar Ibu Hamil, Janin dan Rokok Yang Harus Anda Tahu | inicarak | 4.5