Loading...

7 Fakta Seputar Suplemen yang Harus Anda Tahu

Untuk menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh, banyak dokter dan ahli gizi yang menganjurkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin. Suplemen juga dianjurkan antara lain untuk ibu hamil, pasien dalam masa penyembuhan, serta bagi pria dan wanita usia lanjut sebagai pendamping makanan sehat.

Meski suplemen baik untuk tubuh, namun minum suplemen tidak boleh sembarangan, begitu juga dengan cara menyimpannya. Seperti yang dikutip dari laman magforwomen, berikut sejumlah fakta terkait multivitamin yang perlu diketahui:

1. Penyimpanan
Dinginkan atau simpan dalam kulkas suplemen yang mengandung minyak (seperti minyak ikan atau omega-3 asam lemak) atau probiotik. Menurut Rashmi Gulati MD, direktur medis di Patients Medical in New York, unsur panas, cahaya dan oksigen bisa membunuh kandungan probiotik dan menyebabkan minyak basi.

loading...

2. Bahan Sintetis vs Alami
Menurut Kerry Neville RD dari American Dietetic Association, pilihan suplemen vitamin B (folat) dari bahan sintetis lebih disarankan untuk wanita usia produktif. Sebab suplemen berbasis sintetis, dibanding yang terbuat dari sumber alami, lebih mudah diserap tubuh.

3. Manfaat Vitamin B12
Suplemen vitamin B12 patut dipertimbangkan bagi vegetarian atau Anda yang jarang mengkonsumsi protein hewani. Sebab vitamin ini penting untuk membantu metabolisme folat serta melindungi sistem saraf tubuh. Demikian diungkapkan Elisa Zied RD CDN, penulis buku of Nutrition at Your Fingertips.

4. Volume
Menurut Karen A Kemper PhD dari Department of Public Health Sciences, mengkonsumsi suplemen vitamin dengan dosis tinggi tidak disarankan. Misalnya, dosis tinggi vitamin C atau magnesium dapat menyebabkan diare, kelebihan suplemen vitamin A dan B3 dapat menyebabkan kerusakan hati dan isu-isu lainnya.

5. Suplemen Zat Besi
Dr Rashmi Gulati dari Patients Medical, New York mengatakan, kebanyakan dari kita tidak membutuhkan zat besi tambahan, kecuali mereka hamil, anemia atau memiliki pola makan yang buruk. Terlalu banyak suplemen zat besi membebani sistem kerja jantung, hati dan pankreas. Untuk itu, pastikan untuk mengkonsumsi multivitamin zat besi dalam jumlah yang disarankan.

6. Makanan Penyerta
Menurut Bonnie Taub-Dix RD, juru bicara American Dietetic Association, suplemen vitamin larut lemak seperti A, D, E, dan K sebaiknya diminum setelah makan makanan berlemak. Hal ini akan membantu tubuh memaksimalkan manfaatnya.

7. Penyerapan
Beberapa jenis obat mempengaruhi penyerapan suplemen, dan bahkan mungkin menguras vitamin yang sudah tersimpan dalam tubuh Anda. Jika Anda mengambil obat-obatan resep, tanyakan pada dokter atau apoteker adakah interaksinya dengan suplemen.

Loading...
7 Fakta Seputar Suplemen yang Harus Anda Tahu | inicarak | 4.5