7 Hal Faktor Penyebab Kulit Ketiak Jadi Hitam | IniCaraku.com

7 Hal Faktor Penyebab Kulit Ketiak Jadi Hitam

Sebelum mencari cara memutihkan kulit ketiak, maka yang harus dilakukan pertama kali adalah mencari tahu apa penyebab kulit ketiak menjadi hitam atau gelap. Dengan mengetahui apa penyebab kulit ketiak jadi hitam, maka kita bisa mencegah munculnya kulit ketiak hitam. Berikut ini adalah 7 hal penyebab kulit ketiak jadi hitam:

1. Sering bercukur & mencabuti bulu ketiak
Ketika Anda mencabuti atau mencukur bulu-bulu ketiak juga , bagian pangkal yang tersisa sering membuat ketiak Anda terlihat lebih gelap. Tindakan waxing untuk membersihkan bulu-bulu ketiak juga bisa dilakukan, tapi harus di perhatikan bahanya karena bisa meenyebabkan iritasi pada kulit.

2. Sel kulit mati
Menurut dermatologis, warna hitam pada ketiak Anda bisa jadi karena sel kulit mati yang terjebak di lekukan tubuh Anda. Solusinya adalah eksfoliasi atau scrub dengan produk yang mengandung lactic acid/asam laktat.

3. Goresan blus
Goresan akibat blus yang terlalu ketat hingga menekan kulit juga bisa menyebabkan kulit ketiak menghitam.

4. Acanthosis nigricans
Kondisi ini menyebabkan perubahan warna pada leher, ketiak atau bagian vital Anda menjadi agak gelap. Ini bisa disebabkan oleh produksi insulin atau gangguan glandular. Biasanya ini terjadi pada orang-orang yang kelebihan berat badan. Gunakan produk dengan salicylic acid untuk mengurangi warna gelap pada ketiak Anda.

5. Hiper-pigmentasi
Kondisi ini menyebabkan kulit Anda menghasilkan pigment melanin berlebihan. Jika ini terjadi pada Anda, konsultasikan kepada dokter kulit untuk perawatan lebih lanjut.

6. Hormon
Yaitu meningkatnya hormon estrogen dan progesteron, bisa menyebabkan ketiak terlihat lebih hitam. Hal itu bisa terjadi pada wanita yang sedang hamil, perubahan itu tampak diawal kehamilan hingga akhir masa kehamilan.

7. Bahan kimia
Bahan kimia seperti merkuri yang terkandung dalam deodoran jenis roll-on bisa menyebabkan ketiak jadi hitam. Begitupun dengan deodoran yang mengandung akhohol, yang bisa menyebabkan iritasi, sehingga terjadi hiperpigmentasi, yang menyebabkan ketiak hitam. Tetapi kalau yang dipakai deodoran hanya berbahan tawas, mungkin bisa memutihkan ketiak. Karena yang menyebabkan ketiak hitam adalah campuranya seperti pewangi atau pewarna.