Loading...

7 Hal yang Harus Anda Periksa Jika Ingin Mudik dengan Sepeda Motor

Penggunaan sepeda motor sebagai alat transportasi untuk mudik sebenarnya dilarang oleh pemerintah. Alasannya adalah karena resiko kemungkinan terjadinya kecelakaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jika menggunakan kendaraan jenis lainya.

Namun demikian, banyak orang tetap memilih sepeda motor sebagai kendaraan untuk mudik. Alasannya selain lebih cepat sampai tujuan, juga harapannya sepeda motor tersebut bisa digunakan sebagai kendaraan untuk bersilaturrahim selama di kampung.

Nah, jika Anda memaksakan diri untuk mudik menggunakan sepeda motor, maka sebelum berangkat Anda harus mengecek atau memeriksa semua komponen kendaraan Anda. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda periksa, seperti yang dikutip dari kompas:

loading...

1. Oli
Perhatikan, semua sepeda motor sport posisi silindernya vertikal / cenderung tegak, bandingkan dengan bebek atau skutik. Ini yang membuat pemilik harus memberi perhatian ekstra pada oli. Aliran oli harus lancar agar mampu melumasi dengan sempurna silinder bagian atas dan melawan gravitasi.

2. Kampas kopling
Karena kopling manual, bagian ini juga butuh pengawasan. Ciri-cirinya, tarikan agak berat atau tersendat-sendat.

3. Kabel kopling
Kalau sudah agak seret, tandanya perlu diperiksa.

4. Radiator
Untuk yang berpendingin cairan (radiator), pastikan kondisinya sehat, sehingga kejadian overheat dalam perjalanan jauh bisa dihindari.

5. Komstir
Biasanya setelan pabrik agak berat. Ternyata bagian ini bisa disesuaikan keringanannya dengan selera masing-masing untuk meningkatkan kenyamanan.

6. Bush lengan ayun dan bearing
Masalah ini sering terjadi pada motor sport. Cek bagian ini, pastikan tidak ada yang goyang agar pengendalian tetap stabil, terutama menikung.

7. Sambungan lengan ayun (arm relay) dari rangka
Sama seperti bush, pastikan kondisinya masih stabil.

Loading...
7 Hal yang Harus Anda Periksa Jika Ingin Mudik dengan Sepeda Motor | inicarak | 4.5