Loading...

7 Makanan yang Bisa Bikin Perut Kenyang Lebih Lama

Merasa kenyang sepanjang hari selama berpuasa tentu harapan kita semua. Namun mungkinkah itu?

Mendapatkan perut kenyang selalu dari sahur hingga berbuka puasa tentu sangat sulit. Namun membuat perut merasa kenyang lebih lama adalah hal yang mungkin dan bisa Anda lakukan.

Sahur adalah waktu dimana kita akan akan mengumpulkan energi cadangan selama berpuasa. Untuk itu memilih makanan yang tepat akan bisa membuat perut Anda terasa kenyang lebih lama.

loading...

Berikut ini adalah tujuh makanan yang bisa membuat perut kenyang lebih lama, seperti yang dikutip dari laman kompas female:

1. Sup
Selain banyak mengandung air, sup juga bisa membuat perut kenyang lebih lama. Makan sup saat sahur akan mengaktifkan sinyal otak yang akan memberi informasi ketika Anda sudah cukup makan. Pilih semangkuk sup yang terbuat dari kaldu, dengan sayuran yang kaya serat seperti seledri dan bayam.

2. Telur
Menurut Shelley McGuire, PhD, juru bicara American Society for Nutrition, sebutir telur hanya mengandung 70 kalori, namun menyediakan lebih dari 6 gram protein. Tingginya kandungan protein dalam telur membuat mengonsumsi telur akan membuat perut kenyang lebih lama.

Jadikan telur sebagai salah satu lauk untuk teman makan nasi. Atau, Anda bisa juga mengakhiri menu sahur dengan makan sebutir telur rebus segar.

3. Oatmeal
Setengah cangkir oatmeal berukuran 3 gram akan cukup membantu Anda bertahan. Makanan ini juga menyediakan 4-7 gram protein sebelum Anda menambahkan susu ke dalamnya. Agar terasa lebih nikmat, tambahkan buah-buahan seperti potongan pisang, strawberry, atau apapun yang Anda inginkan ke dalamnya.

4. Kacang-kacangan dan lentil
Kacang-kacangan kaya akan protein, sekitar 7 gram setiap setengah cangkir. Selain itu juga kaya akan karbohidrat kompleks, yang butuh waktu lebih lama untuk diuraikan. Anda bisa menjadikan kacang kedelai, kacang merah, buncis, atau kacang panjang menjadi tumisan atau sup yang lezat dan mengenyangkan.

5. Kacang
Makan segenggam kacang kesukaan Anda, seperti kacang mede, almon, walnuts, atau pistachio merupakan kombinasi sempurna antara serat, protein, dan lemak. Namun demikian, untuk menghindari kelebihan kalori, batasi konsumsinya, dan tambahan garamnya.

6. Alpukat
Alpukat banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal yang membantu memperlambat kecepatan perut saat mengosongkan dirinya. Alpukat juga kaya akan kandungan folat, potassium, dan vitamin E. Dari banyak penelitian terlihat bahwa makanan yang mengandung tiga macam nutrisi ini akan lebih mengenyangkan daripada makanan lainnya.

7. Apel
Sebutir apel hanya mengandung 80 kalori, tetapi kandungan 4 gram serat dan air yang tinggi pada apel bisa membuat sama kenyangnya dengan makan besar. Untuk itulah, tutup prosesi makan sahur Anda dengan sebutir apel.

Loading...

Hasil pencarian:

makanan yang bikin kenyang, makanan yang membuat kenyang lebih lama, buah yang bikin kenyang, makanan yang bikin kenyang tahan lama, makanan yang bikin kenyang lama, makanan yg bikin kenyang, makanan yang kenyang lebih lama, buah yg bikin kenyang, cara membuat perut kenyang, makana yang sehat dan kenyang tahan lama, makanan yang tahan lama di perut, makanan yg bikin kenyangnya awet
7 Makanan yang Bisa Bikin Perut Kenyang Lebih Lama | inicarak | 4.5