Loading...

7 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

Cengkeh atau yang dalam bahasa ilmiah disebut dengan cloves ini merupakan rempah-rempah, yang biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap rasa makanan. Namun manfaat cengkeh tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu masakan, karena bahan ini juga digunakan sebagai bahan utama campuran dalam rokok kretek.

Bagiann cengkeh yang dimanfaatkan tidak hanya bunga atau buahnya saja, karena daun cengkeh juga. Dimana manfaat daun cengkeh ini bisa diolah untuk diambil minyak atsirinya. Nah, minyak daun cengkeh inilah yang banyak digunakan sebagai bahan obat.

Pemanfaatan cengkeh tidak hanya sekedar untuk bumbu masakan ataupun bumbu rokok kretek saja. Karena cengkeh ternyata juga banyak mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh kita, misalanya saja bisa digunakan sebagai obat sakit gigi. Berikut ini adalah beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan.

loading...

1. Minyak cengkeh untuk mengobati sakit gigi
Cengkeh bisa menjadi salah satu bahan pereda nyeri yang alami. Ini bisa dimanfaatkan ketika sedang sakit gigi menyerang.

Minyak atsiri cengkeh bisa digunakan untuk membantu meredakan sakit gigi sementara waktu. Terutama pada sakit gigi karena berlubang. Caranya dengan menuangkan minyak cengkeh ke kapas kecil atau cotton bud, lalu oleskan ke gusi dan gigi yang sakit.

Selain dengan minyak cengkeh, untuk mengobati sakit gigi juga bisa dengan menumbuk halus 5 sampai 10 butir bunga cengkih yang sebelumnya sudah disangrai. Selanjutnya setelah menjadi bubuk cengkeh, gunakan ramuan obat sakit gigi ini dengan cara ditaburkan pada bagian gigi yang terasa sakit.

2. Untuk Mengobati Batuk
Sebagai obat batuk alami, cengkeh bisa digunakan dengan cara dikunyah. Mungkin rasanya sedikit getir dan ada pahitnya, namun kandungan kimia yang ada dalam cengkeh merupakan ekspektoran alami yang bisa mengencerkan dahak. Selain itu aroma wangi yang ditimbulkan cengkeh juga berguna untuk menghilangkan bau mulut.

3. Untuk Mengobati Mual
Seringkali ibu wanita hamil mengalami mual di saat morning sickness. Karenanya, cobalah untuk mengoleskan minyak cengkeh di bagian kepala, leher dan perut agar tetap hangat. Selain itu untuk membantu menghilangkan rasa mual juga bisa dengan mengonsumsi segelas air rebusan cengkeh untuk menghangatkan organ pencernaan. Anda bisa menambahkan madu bila tidak menyukai rasanya.

4. Mencegah Inflamasi (Radang)
Minyak cengkeh memiliki kandung flavanoid. Hal ini tentulah sangat baik karena memiliki sifat anti inflamasi dan juga bisa bermanfaat untuk pasien rematik. Selain itu, cengkeh juga bisa digunakan sebagai ekspektoran untuk mengobati berbagai kondisi minor saluran pernapasan.

5. Antibakteri dan jamur
Cengkeh bisa menjadi cara yang alami untuk melawan bakteri yang membahayakan perut, dan juga untuk melawan kuman pada mulut. Tidak hanya itu, kandungan eugenol yang ada pada cengkeh telah terbukti memiliki kandungan anti jamur, serta efektif untuk melawan penyakit kulit yang disebabkan oleh cacing cincin.

6. Baik untuk kesehatan jantung
Cengkeh memiliki kandungan eugenol yang berfungsi untuk mencegah pembekuan pada darah serta mencegah stroke.

7. Sebagai Anti Nyamuk
Di dalam cengkeh terdapat kandungan yang tidak disukai oleh nyamuk. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk mencegah dari gigitan nyamuk yang menyebabkan malaria, demam berdarah, dan juga penyakit-penyakit lain yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Untuk mencegah digigit nyamuk, cukup dengan mengoleskan minyak cengkeh ke seluruh bagian tubuh yang sekiranya terbuka.

Bagaimana dengan manfaat cengkeh untuk diet?

Cengkeh pun ternyata bisa digunakan atau dimanfaatkan sebagai salah satu bahan ramuan untuk menurunkan berat badan. Cengkeh, kayu manis, dan merica dipercaya sangat ampuh untuk mengurangi kadar kolestrol, menurunkan kadar glukosa, dan telah ditemukan dapat membantu sindrom metabolik dan masalah lainnya akibat obesitas. Hal ini karena di dalam cengkeh, kayu manis dan merica terkandung anticholesteremic dan sifat anti lemak, sehingga dengan menggabungkannya akan membantu dalam meningkatkan pencernaan dan metabolisme, tubuh akan membakar kalori dengan efisien.

Untuk membuat ramuannya sebagaimana yang dikutip dari laman TheHealtSite.com, sangrai 50 gram cengkeh, kayu manis, merica dan biji cumin atau jeera (biasa disebut jintan) secara terpisah sehingga tercium aroma wangi dari masing-masing bahan tersebut. Setelah semua disangrai, giling bahan-bahan tersebut secara bersamaan. Anda juga bisa membuat campuran ini selama seminggu dan menyimpannya dalam botol kaca.

Untuk penggunaannya, anda hanya perlu menambahkan satu sendok teh (tidak lebih) campuran ini ke dalam air yang mendidih. Tambahkan satu sendok makan madu untuk ramuan tradisional ini dan minum pada saat perut dalam kondisi masih kosong, setiap pagi. Dengan melakukan diet yang tepat dan latihan secara rutin, anda akan melihat perubahan pada berat badan.

Karena ini merupakan obat tradisional rumahan, maka ada baiknya bila anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum mencobanya.

Loading...

Hasil pencarian:

manfaat cengkeh, kegunaan cengkeh, khasiat cengkeh, merk sabun antibakteri, ucapan lebaran untuk mertua, manfaat cengkeh bagi kesehatan, jelaskan metode untuk menghindari PMS, umpan untuk tikus curut, obat bengek ayam, umpan buat tikus curut, nama sabun anti bakteri, nama obat untuk memberhentikan asi, mentahan gif, fungsi cengkeh dan madu, doa mengobati penyakit ngompol
7 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu | inicarak | 4.5