Loading...

7 Manfaat Daun Pepaya yang Harus Anda Tahu

Daun pepaya terkenal akan rasanya yang cukup pahit. Namun demikian, meski pahit daun pepaya tetap banyak disuka. Daun pepaya banyak digunakan orang sebagai campuran makanan seperti pecel, lalapan pendamping sambal ataupun makanan-makanan tradisional lainnya.

Dibalik rasa pahit daun pepaya, ternyata ada banyak terkandung manfaat dan khasiat di dalamnya. Berikut ini adalah tujug manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh:

1. Obat demam berdarah
Daun pepaya memiliki kandungan yang bisa mengobati atau menetralkan gejala demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk. Caranya, campur lima lembar daun pepaya, temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah. Rebus hingga masak, kemudian dinginkan sebelum diminum.

loading...

2. Obat jerawat
Anda bisa mengambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudag tua. Jemur sebentar kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkan satu setengah sendok air. Anda bisa mengleskan ramuan daun pepaya ini pada wajah Anda yang berjerawat seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

3. Antikanker
Menurut hasil penelitian, getah putih yang ada pada batang dan daun pepaya mengandung berpeluang dikembangkan sebagai antikanker, sebagaimana dikutip dari Journal Society of Biology.

4. Pengontrol tekanan darah
Untuk mengontrol tekanan darah, ambil lima lembar daun pepaya, rebus dengan setengah liter hingga tinggal tiga perempatnya. Dinginkan sebelum diminum. Untuk memberi rasa, Anda bisa menambahkan gula merah atau madu.

5. Melancarkan pencernaan
Daun pepaya mengandung zat karpain, yaitu sejenis kandungan kimia yang bisa membunuh mikroorganisme jahat yang mengganggu pencernaan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya Anda makan secara rutin daun pepaya rebus setiap hari selama beberapa hari.

6. Menambah nafsu makan
Untuk membuat ramuan penambah nafsu makan, siapkan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan juga air hangat setengah cangkir. Semua bahan tersebut dicampur, ditumbuk atau bisa juga diblender, kemudian disaring untuk diambil airnya kemudian diminum. Ramuan ini aman, bahkan jika diminum oleh anak-anak sekalipun.

7. Obat nyeri haid
Rebuslah 1 lembar daun pepaya, asam jawa dan garam secukupnya dengan segelas air hingga masak. Dinginkan dan minum.

Loading...
7 Manfaat Daun Pepaya yang Harus Anda Tahu | inicarak | 4.5