Loading...

7 Nutrisi Penting untuk Membersihkan Usus

Usus adalah organ penting manusia yang merupakan salah satu bagian dalam proses pencernaan yang berperan dalam proses penyerapan air, natrium, dan vitamin yang larut lemak. Karena itu, perawatan secara rutin perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan usus kita. Caranya adalah dengan detoksifikasi.

Detoksifikasi atau pembersihan pada usus perlu dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan sistem pencernaan, juga untuk mencegah kanker usus besar. Seperti yang dikutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah beberapa nutrisi yang dapat digunakan untuk membantu proses detoksifikasi.

1. Lemon
Lemon sangat efektif dalam membantu proses detoksifikasi. Minumlah jus lemon setiap pagi yang akan sangat membantu pembersihan pada usus Anda.

loading...

2. Bayam
Sayuran hijau seperti bayam juga bisa membantu proses pembersihan usus besar dan melindunginya dari berbagai penyakit.

3. Kecambah
Selain baik untuk reproduksi pria, kecambah juga bisa dikonsumsi untuk pembersihan usus besar. Tidak hanya itu saja, kecambah juga memberikan pembersihan pada hati.

4. Bawang Putih
Baunya yang menyengat dan susah hilang dari mulut seringkali menjadi alasan orang untuk tidak mengonsumsinya. Namun dibalik itu, ada manfaat besar dari mengonsumsi bawang putih yaitu bisa membantu pembersihan usus bahkan membuat jantung Anda lebih sehat.

5. Ikan
Kandungan asam lemak, omega-3, dan minyak yang tinggi dalam ikan bisa membantu agar racun-racun dalam tubuh ikut tidak mengendap pada usus besar. Jika Anda termasuk orang yang kurang suka dengan, Anda bisa makan buah alpukat sebagai gantinya. Karena buah alpukat juga kaya akan omega-3 dan minyak.

6. Biji dan Kacang-kacangan
Biji-bijian memiliki kandungan kalori yang rendah namun tinggi serat. Kacang hijau dan kacang merah juga bisa memberikan efek yang baik dalam proses pembersihan usus.

7. Teh Hijau
Antioksidan yang tinggi dalam teh hijau selain baik untuk detoksifikasi usus juga baik untuk detoksifikasi hati.

Dengan melakukan proses detoksifikasi secara rutin maka Anda akan mendapatkan kulit yang lebih bersih. Selain itu Anda juga terhindar dari berbagai risiko penyakit seperti sembelit, perut kembung, hingga kanker usus.

Loading...
7 Nutrisi Penting untuk Membersihkan Usus | inicarak | 4.5