Loading...

7 Penyebab Mulut Sariawan

Meski luka di mulut atau yang biasa disebut dengan sariawan bukan masalah kesehatan yang sangat serius. Namun, sariawan terasa sangat menyakitkan.

Sariawan akan membuat penderitanya kesulitan makan. Ini karena luka sariawan yang terkena makanan akan terasa perih dan sangat menyakitkan.

Sariawan tidak datang begitu saja tanpa sebab. Ada berbagai penyebab seseorang terkena sariawan. Berikut beberapa penyebab sariawan, seperti yang dikutip dari laman Boldsky:

loading...

1. Gigitan
Penyebab paling umum sariawan ketika makan pipi bagian dalam tak sengaja tergigit. Biasanya ini terjadi jika Anda makannya terburu-buru. Jadi, cobalah untuk makan secara perlahan-lahan dan berhati-hati.

2. Makanan pedas
Ketika Anda makan makanan pedas berlebihan, panas tubuh Anda meningkat. Akumulasi panas di tubuh pada gilirannya bisa menyebabkan sariawan

3. Makan panas
Tidak hanya makanan pedas, makanan yang panas juga bisa menyebabkan sariawan. Bila Anda makan makanan yang masih panas, mulut Anda mungkin terbakar. Jadi, jangan makan makanan panas. Dinginkan dulu sebelum Anda memasukkannya ke dalam mulut.

4. Sikat gigi
Sikat gigi dengan sikat berkualitas rendah yang memiliki bulu yang sangat keras, apalagi bila Anda menggosok gigi dengan keras, bisa menyebabkan lapisan di dalam mulut ANda mengalami cedera. Ini juga bisa menyebabkan sariawan yang menyakitkan.

5. Kulit iritasi
Beberapa bahan kimia bisa menyebabkan iritasi kulit yang membuat Anda sariawan. Misalnya saja obat kumur yang sangat kuat merupakan salah satu alasan orang mengalami sariawan.

6. Herpes
Herpes adalah infeksi virus paling umum yang menyebabkan luka di dalam mulut. Bahkan, luka pada mulut mungkin salah satu tanda Anda terkena infeksi herpes.

7. Merokok
Merokok bisa memakan lapisan dalam mulut Anda. Jika Anda seorang perokok dan sering sariawan, itu mungkin saja tanda-tanda awal kanker mulut.

Loading...
7 Penyebab Mulut Sariawan | inicarak | 4.5