Loading...

7 Penyebab Payudara Sering Merasa Nyeri

Penyebab Nyeri di Payudara – Banyak wanita yang merasa khawatir saat bila bermasalah dengan nyeri di payudara. Hal ini terkait dengan kekhawatiran akan terkena kanker payudara. Pasalnya, nyeri pada payudara disebutkan sebagai salah satu tanda kanker payudara.

Namun bila anda mengalami payudara nyeri, anda tidak perlu khawatir. Karena bila nyeri di payudara tersebut tidak disertai dengan adanya benjolan, itu belum tentu adalah kanker payudara. Mungkin saja karena penyebab lainnya.

Ada beberapa penyebab nyeri payudara, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut yang mana seperti dikutip dari laman Healthmeup:

loading...

1. Perubahan hormon
Adanya perubahan hormon merupakan alasan paling umum nyeri payudara. Silahkan cek kapan biasanya anda menstruasi. Selain itu, nyeri payudara juga sering dikaitkan dengan kehamilan dan menopause.

Sebelum atau selama menstruasi, wanita biasanya mengalami penurunan kadar estrogen yang menyebabkan nyeri payudara. Begitu juga saat menjelang menopause, rendahnya estrogen menyebabkan nyeri payudara. Hal ini akan semakin buruk saat anda stres, karena stres menyebabkan penurunan lebih lanjut tingkat estrogen anda.

2. Konsumsi obat
Penggunaan alat kontrasepsi KB dan hormon secara tidak langsung mempengaruhi kadar hormon anda. Pil KB mengandung berbagai jumlah estrogen dan progesteron, yang mempengaruhi tingkat hormon alami tubuh anda dan dengan demikian dapat mengakibatkan nyeri payudara. Antidepresan tertentu dan obat-obatan psikiatris lainnya juga bisa menyebabkan rasa sakit pada payudara.

3. Bra yang sempit
Penggunaan bra yang terlalu sempit juga bisa menjadi alasan anda mengalami nyeri payudara.

4. Kafein
Minuman ringan, teh, kopi, cokelat yang mengandung kafein bisa menyebabkan nyeri payudara, karena kafein menyebabkan pembuluh darah membesar, sehingga memungkinkan nyeri pada bagian payudara.

5. Kostokondritis
Kostokondritis biasanya terjadi karena penuaan dan postur tubuh yang buruk, peradangan ini bisa menyebabkan nyeri payudara.

6. Latihan
Latihan push-up atau latihan beban bisa membuat tarikan otot yang bisa membuat nyeri payudara.

7. Kista
Jika nyeri disertai benjolan, bisa jadi ada kista di payudara anda. Karena itu, segera konsultasi dengan dokter anda bila ini muncul, namun mereka biasanya kista akan menghilang setelah menopause.

Loading...
7 Penyebab Payudara Sering Merasa Nyeri | inicarak | 4.5