Loading...

7 Tips Aman Puasa untuk Penderita Diabetes

Diabetes bukan menjadi halangan bagi kaum muslimin untuk tidak berpuasa. Pasalnya, sebuah studi yang diterbitkan dalam Clinical and Experimental Hypertension edisi juli 2008 menunjukkan bahwa penderita diabetes yang terkelola dengan baik dapat berpuasa dengan aman.

Berikut adalah beberapa pedoman untuk Anda, penderita diabetes yang ingin menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan aman, seperti yang dikutip dari laman prodia:

1. Konsultasikan kepada dokter rencana Anda untuk berpuasa, karena mungkin akan ada obat yang harus diganti dan disesuaikan dosis dan waktu meminumnya saat selama berpuasa.

loading...

2. Untuk mencegah lonjakan gula darah secara mendadak saat berbuka, konsumsilah makanan yang lambat dicerna, seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian.

3. Usahakan untuk makan sahur sedekat mungkin dengan waktu imsak/subuh, bukannya di tengah malam. Hal ini akan membuat gula darah lebih terjaga selama masa berpuasa.

4. Monitor kadar gula darah Anda secara ketat, misalnya tiga jam setelah berbuka atau sebelum makan sahur dan di siang hari. Hasil pengukuran dapat menunjukkan bagaimana tubuh Anda beradaptasi terhadap rutinitas baru ini.

5. Perbanyak konsumsi di malam hari. Kurangi teh dan kopi karena sifatnya yang diuretik (merangsang keluarnya air seni) sehingga dapat memicu dehidrasi di siang hari.

6. Bila Anda mengalami gejala kadar gula rendah (hipoglikemi) seperti berkeringat, gelisah, gemetar, lemah atau bingung, sebaiknya segera berbuka dengan minuman bergula yang diikuti makanan kaya karbohidrat.

7. Setelah Ramadhan, kunjungi dokter untuk memastikan kadar gula darah Anda terkelola dengan baik dan apakah obat-obatan yang diberikan perlu disesuaikan kembali.

Loading...
7 Tips Aman Puasa untuk Penderita Diabetes | inicarak | 4.5