Loading...

7 Tips Cara Menjauhkan Anak dari Televisi

Televisi merupakan hiburan bagi keluarga, tidak terkecuali bagi anak kita. Apalagi saat ini sudah ada banyak stasiun televisi yang menyiarkan film anak-anak yang sangat menarik untuk ditonton oleh anak-anak kita, anak-anak pun semakin betah terus berada di depan televisi hingga seharian penuh.

Sayangnya, tidak sedikit acara televisi yang meskipun itu acara anak-anak namun tak layak ditonton karena idak mengandung unsur pendidikan. Nah, untuk pengaruh buruk televisi terhadap si kecil, Anda perlu mengambil langkah tegas mulai dari sekarang.

1. Buat jadwal menonton televisi
Anda bisa mendiskusikan masalah ini dengan si kecil. Buatlah jadwal yang berisi kapan televisi boleh dinyalakan dan apa yang harus ditonton. Sesuaikan juga jadwal menonton televisi dengan program-program yang layak disaksikan oleh anak.

loading...

2. Batasi waktu menonton
Batasilah waktu maksimal anak-anak boleh menyalakan dan menonton televisi, apalagi saat malam hari dimana anak-anak harus pergi ke sekolah keesokan harinya.

3. Letakkan televisi di ruang keluarga
Meletakkan televisi di kamar anak berarti memberikan kesempatan anak untuk menonton kapan saja, bahkan saat sudah waktunya untuk tidur. Letakkan televisi di ruang keluarga agar orang tua dapat dengan mudah memantau apa saja yang disaksikan oleh anak.

4. Sediakan alternatif
Jika Anda merasa takut kalau anak Anda akan bosan jika hanya menonton televisi, siapkan kegiatan alternatif yang bisa membuat anak tetap aktif. Misalnya saja memainkan permainan yang bersifat edukatif atau bermain di luar ruangan. Kegiatas seperti ini selain membuat anak tetap aktif juga membuat anak tidak ketergantungan dengan televisi.

5. Beri imbalan
Saat si kecil berhasil menaati peraturan, cobalah untuk memberikan imbalan berupa pujian atau mainan yang sudah lama diinginkannya. Dengan cara ini, anak-akan terus merasa termotivasi untuk selalu menaati peraturan.

6. Tegas
Saat awal Anda memberlakukan peraturan menonton televisi mungkin si kecil akan marah, namun Anda harus tegas. Jangan Anda kemudian langsung luluh dengan bujukan anak atau takut anak marah dan ngambek. Lama-kelamaan anak akan merasa terbiasa dengan peraturan yang Anda terapkan.

7. Beri contoh
Sebagai orang tua, Anda wajib memberi contoh seperti tayangan televisi yang sehat dan mendidik. Anda juga perlu ikut menaati peraturan yang sama dan hanya menonton televisi di waktu-waktu yang telah ditentukan. Jika anak memergoki orang tuanya melanggar peraturan, dia pun akan merasa ragu untuk menaati peraturan dan bahkan dia akan mencuri-curi waktu untuk menonton televisi.

Loading...
7 Tips Cara Menjauhkan Anak dari Televisi | inicarak | 4.5