Loading...

7 Tips Sehat untuk yang Baru Pertama Kali Donor Darah

Ternyata tak hanya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga yang bisa membuat tbuh kita sehat, dengan mendonorkan darah kita pun bisa membuat tubuh kita tetap sehat.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika seseorang secara sukarela mendonorkan darahnya. Seperti Misalnya bisa mengurangi kolesterol, mengontrol tekanan darah, membantu penurunan berat (jika rutin), menyeimbangkan zat besi, dan bahkan mengurangi risiko terkena kanker.

Namun demikian, ternyata masih banyak orang yang beranggapan kalau mendonorkan darah itu bisa membuat pendonornya pingsan, tertular HIV dan sebagainya. Padahal itu tidak benar, demikian menurut Direktur Unit Donor Darah Pusat PMI (Palang Merah Indonesia) Dr. dr. Yuyun Soerdarmono, MSc .

loading...

“Alat yang digunakan steril, cuma sekali pakai, dan kalau ada yang pingsan, mungkin kondisi tubuhnya sedang tidak baik,” jelasnya.

Oleh karena itu, Yuyun memberi kiat yang perlu diketahui oleh mereka yang akan mendonorkan darahnya untuk pertama kali.

1. Tidur 4 jam sebelum donor.

2. Makan 3-4 jam sebelum menyumbangkan darah. (Jangan menyumbangkan darah saat perut kosong).

3. Minum minimal 3 gelas sebelum mendonorkan darah.

4. Beristirahatlah setelah donor minimal 10 menit sambil menikmati hidangan donor, sebelum beraktivitas.

5. Kembali beraktivitas setelah donor darah tidak berbahaya bagi kesehatan.

6. Untuk menghindari bengkak di lokasi bekas jarum, hindari mengangkat benda berat selama 12 jam.

7. Banyak minum sampai 3 hari ke depan utk mengembalikan sepenuhnya volume darah.

Loading...

Hasil pencarian:

efek donor darah pertama kali, tips donor darah, tips donor darah pertama kali, setelah donor darah, efek setelah donor darah pertama kali, efek samping donor darah pertama kali, makanan setelah donor, makanan yang tidak boleh dimakan setelah donor darah, makanan org habis donor darah, makana yang harus di hindari setelah donor darah, hal yang tidak boleh dilakukan setelah donor darah, hal yang harus dilakukan sebelum pertama kali donor darah, efek samping setelag dobor darah pertama kaki, yang dilakukan setelah donor darah, apakah setelah donor darah boleh makan pedas ?
7 Tips Sehat untuk yang Baru Pertama Kali Donor Darah | inicarak | 4.5