Loading...

8 Cara Mencegah Munculnya Batu Ginjal

Batu ginjal biasanya terjadi karena kurangnya minum air putih. Namun untuk penyebab pastinya belum diketahui.

Menurut WikiPedia, batu ginjal di dalam saluran kemih (kalkulus uriner) adalah massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi. Batu ini bisa terbentuk di dalam ginjal (batu ginjal) maupun di dalam kandung kemih (batu kandung kemih).

Penyakit batu ginjal bila tidak segera dilakukan penanganan akan bisa menyebabkan gangguan ginjal yang lebih serius. Untuk itu, perlu kiranya dilakukan pencegahan sejak awal. Salah satu langkah atau cara yang paling umum disarankan untuk mencegah batu ginjal adalah dengan memperbanyak minum air putih.

loading...

Berikut ini adalah beberapa tips cara untuk mencegah munculnya batu ginjal, seperti yang dikutip dari republika:

1. Minum lebih banyak
Usahakan untuk lebih meminum air putih karena lebih berfungsi optimal untuk membersihkan tubuh.

2 Kurangi konsumsi produk olahan dari susu
Hindari penggunaan suplemen kalsium untuk menguatkan tulang atau mengonsumsi bahan makanan yang berasal dari susu, misalnya mentega dan keju.

3. Kurangi protein hewani
Makanan dengan kandungan protein hewani yang tinggi bisa meningkatkan kadar asam urat, yang ujung-ujungnya bisa menimbulkan batu ginjal.

4. Kurangi garam oxalat
Garam oxalat bisa memacu terbentuknya batu ginjal. Maka dari itu, disarankan untuk mengurangi konsumsi beberapa jenis buah-buahan dan sayur-sayuran, seperti teh, cola, coklat, kacang, jeruk, dan bayam.

5. Perbanyak asupan vitamin A
Vitamin A sangat penting untuk kesehatan saluran kemih. Beberapa contoh makanan sumber vitamin A di antaranya ubi manis, labu, brokoli, dan wortel.

6. Perbanyak asupan vitamin B
Vitamin B6 bisa menurunkan kadar oxalat dalam darah sehingga mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. Magnesium juga mempunyai dampak negatif dalam pembentukan batu ginjal.

7. Mengurangi asupan vitamin C
Vitamin C dalam dosis tinggi (lebih dari 3.000 mg/hari) bisa menjadi masalah potensial bagi ginjal. Vitamin C dalam tubuh diubah menjadi asam oksalat. Untuk itu, bagi orang yang berisiko menderita batu ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi suplemen vitamin C.

8. Berolahraga secara teratur
Olah raga yang dilakukan secara teratur bisa membuka jalan bagi kalsium untuk keluar dari aliran darah dan masuk ke dalam tulang.

Yang terakhir dan sangat penting, adalah untuk secara teratur melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter atau badan medis terkait.

Loading...
8 Cara Mencegah Munculnya Batu Ginjal | inicarak | 4.5