Loading...

8 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

Seiring bertambahnya usia, kerutan di wajah juga ikut bertambah banyak. Meski demikian, kita bisa memperlambat munculnya kerutan di wajah dengan rajin dan rutin menerapkan kebiasaan baik dan sehat.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengusir kerutan di wajah:

1. Berhenti merokok
Baik bagi perokok aktif maupun pasif, paparan racun rokok akan menghambat sirkulasi darah, sehingga sel-sel, termasuk kulit, tak mendapat cukup oksigen dan nutrisi. Produksi kolagen juga akan terhambat, dan akibatnya kulit cepat keriput.

loading...

2. Diet sehat
Perbanyak asupan buah dan sayuran, karena antioksidannya akan menangkal radikal bebas penyebab kerut. Vitamin A, C, E, K, yang esensial untuk kulit bisa didapat dari jeruk, produk susu, kacang-kacangan, bayam, dan sayuran hijau lainnya. Ikan juga baik untuk menutrisi sel-sel kulit, sehingga kerut tak cepat muncul.

3. Cukup minum
Untuk membantu menyapu keluar racun tubuh yang bisa merusak lapisan di bawah permukaan kulit, minumlah setidaknya 2 liter per hari. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tetap elastis dan tak mudah keriput.

4. Istirahat yang cukup dan kelola stres
Tidur tujuh jam semalam akan membantu sel-sel memperbaiki diri, sehingga memperlambat datangnya kerut.

5. Gunakan tabir surya
Lindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet dengan tabir surya dan topi lebar saat beraktivitas di luar rumah.

6. Lakukan senam wajah
Lakukan olah raga secara rutin, termasuk senam wajah akan memberi dampak positif bagi kulit di seluruh tubuh, tak terkecuali dahi.

7. Gunakan bahan alami
Minyak zaitun dan jeli lidah buaya merupakan pelembab alami yang bisa membantu menyamarkan kerutan. Kompres dahi dengan es batu untuk meningkatkan sirkulasi darah, sehingga garis halus bisa dikurangi.

8. Produk kosmetik
Pilihlah produk kosmetik yang berkualitas dan mengandung zat antipenuaan dini, seperti antioksidan dan kolagen untuk membantu menipiskan kerutan.

Loading...
8 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah | inicarak | 4.5