Loading...

8 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Menggunakan Tabir Surya

Untuk mencegah kanker kulit, gunakanlah tabir surya saat keluar ruangan. Karena jika terlalu lama di bawah sinar matahari itu bisa meningkatkan risiko terkena kanker kulit dan juga mengalami penuaan dini.

Sayangnya, orang sering melakukan kesalahan saat memakai tabir surya.

Berikut adalah delapan kesalahan yang sering dilakukan orang saat menerapkan tabir surya:

loading...

1. Perhatikan tanggal kedaluwarsa
Bahan aktif dalam tabir surya bisa turun mutunya jika melebihi batas waktunya. Terlebih lagi, botol yang terbuka cenderung terkontaminasi dengan kuman dari waktu ke waktu.Baca juga cara menyimpan produk. Paparan suhu yang panas bisa menghambat efektivitasnya.

2. Mengandalkan SPF dalam makeup
Foundation yang mengandung tabir surya tampaknya berguna, tapi bukan berarti itu bisa bekerja. Masalahnya biasanya dari kuantitas. Setetes foundation tak sama dengan sejumlah tabir surya yang Anda akan boroskan di wajah Anda.

3. Hanya mengoleskan
Kebanyakan orang hanya mengolesinya saat menggunakan tabir surya. Ini artinya, Anda tak berpotensi melindunginya secara keseluruhan. Aturan praktis sebenarnya adalah melindungi seluruh tubuh dengan tabir surya. Gunakan secukupnya untuk menutupi kulit dan pijat-pijat, dan harus sistematis.

4. Menggunakan tabir surya hanya di pagi hari
Berkeringat dan berenang menyebabkan tabir surya luntur lebih cepat. Jadi pertimbangkan untuk mengolesinya setiap jam. Dan pastikan untuk membiarkan tabir surya meresap ke dalam kulit beberapa menit sebelum Anda menyelam ke air kembali. Jika tidak, maka tabir surya itu akan tercuci sesegera mungkin.

5. Mengandalkan tabir surya tahan air ketika berenang
Tidak ada tabir surya tahan air. Jika Anda selesai berenang, gunakan kembali tabir surya.

6. Pakai tabir surya ketika hari cerah
Hari berawan bukan berarti tak ada sinar matahari. Hanya karena matahari tak terlihat (atau merasakan panasnya) bukan berarti itu tak akan menimbulkan kerusakan.

7. Pakai SPF tertinggi
Banyak ahli kulit merekomendasikan menggunakan tabir surya yang SPFnya minimal 30. Namun bukan berarti tabir surya yang mempunyai SPF 60 dua kali lebih melindungi atau dua kali lebih lama.

8. Mengandalkan tabir surya saat berjemur total
Tabir surya tak bisa memblokir 100 persen sinar UVB dari matahari. Dan tabir surya bukan satu-satunya pertahanan dari kerusakan akibat matahari. Anda bisa menggunakan topi, kacamata hitam dan pakaian pelindung serta menghindari matahari selama waktu yang paling intens.

Loading...
8 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Menggunakan Tabir Surya | inicarak | 4.5