Loading...

8 Makanan Pencegah Stress

Sering mengalami stres berlebihan tentulah tidak baik untuk kesehatan kita. Untuk itu, perlu dilakukan pencegahan agar stres tak mengganggu kondisi tubuh Anda. Untuk mencegah stres, salah satunya bisa dengan makanan. Menurut situs Healthy Living, ada beberapa jenis makanan yang potensial untuk mengusir stres:

1. Alpukat
Lemak tak jenuh tunggal dan potasium dalam alpukat membantu menurunkan tekanan darah. Salah satu cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan mengkonsumsi potasium yang cukup (alpukat memiliki lebih dari pisang), demikian menurut The National Heart, Lung, and Blood Institute.

2. Almond dan Kenari
Almond kaya vitamin B dan E, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda, dan kenari membantu menurunkan tekanan darah.

loading...

3. Jeruk
Vitamin C membantu mengurangi stres dan mengembalikan tekanan darah dan kortisol ke tingkat normal setelah situasi yang menegangkan. Vitamin C juga terkenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Demikian adalah hasil sebuah penelitian di Psychopharmacology Jerman.

4. Bayam
Kekurangan magnesium bisa menyebabkan sakit kepala, terutama migrain, dan perasaan lelah. Satu cangkir bayam menyediakan 40 persen dari kebutuhan harian Anda untuk magnesium.

5. Ubi jalar
Ubi jalar sangat mengurangi stres karena bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat yang lebih bagus dari permen ketika Anda berada di bawah tekanan stres. Ubi jalar juga mengandung banyak vitamin seperti beta-karoten dan serat.

6. Ikan salmon
Diet asam lemak omega-3 melindungi terhadap penyakit jantung. Sebuah studi dari Diabetes & Metabolism menemukan bahwa omega-3 menjaga hormon stres kortisol dan adrenalin agar tak mencapai puncak.

7. Kalkun
Kalkun mengandung asam amino yang disebut L-tryptophan. Asam amino memicu pelepasan serotonin, yang merupakan zat kimia dalam otak yang menyuntik rasa “baik-baik” saja dalam otak. Ini adalah alasan mengapa banyak orang setelah makan kalkun merasa rileks, atau bahkan mengantuk. L-Tryptophan memiliki efek menenangkan.

8. Sayuran hijau
Brokoli dan sayuran hijau lainnya adalah sumber vitamin yang dengan cepat memasok kebutuhan tubuh pada saat stres.

Loading...
8 Makanan Pencegah Stress | inicarak | 4.5