Loading...

8 Manfaat Buah Mentimun untuk Kesehatan Tubuh

Mentimun adalah buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Karena itu, mentimun bisa menjadi solusi sehat untuk mencegah dehidrasi. Buah mentimun bisa dimakan secara langsung atau bisa juga dibuat menjadi jus.

Bila anda sudah bosan mengonsumsi mentimun secara langsung, anda bisa membuat mentimun menjadi minuman jus yang menyegarkan. Untuk cara membuat jus mentimun, buah mentimun bisa diblender dengan terlebih dahulu membuang kulitnya untuk selanjutnya disaring. Untuk menambah selera, bisa juga ditambahkan dengan sedikit gula, garam, atau apa pun sesuai selera masing-masing.

Mengonsumsi jus mentimun ini tidak hanya sekedar untuk menghilangkan dehidrasi, namun anda juga akan mendapatkan banyak manfaat dan khasiat dari air mentimun ini, salah satunya adalah bisa membantu menurunkan berat badan.

Berikut ini adalah manfaat dari air mentimun sebagaimana yang kami kutip dari laman Boldsky:

1. Menghilangkan dehidrasi
Dengan tingginya kandungan air dalam buah mentimun, maka mengonsumsi mentimun bisa membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, air mentimun juga bisa membuang racun dari dalam tubuh. Segarnya air mentimun juga menjaga revitalisasi level energi.

2. Menambah vitamin ekstra
Selain air, buah mentimun juga memiliki kandungan nutrisi lain yang bermanfaat baik untuk tubuh seperti vitamin A dan vitamin C. Vitamin ini juga bagus untuk meningkatkan sistem imun dan pertolongan dalam penurunan berat badan.

3. Menurunkan tekanan darah
Karena banyak mengandung air, maka mengonsumsi buah mentimun akan memperbanyak cairan dalam pembuluh darah, sehingga akan membantu menurunkan tekanan darah.

4. Meningkatkan nafsu makan
Minum air mentimun bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Air mentimun juga memiliki kecenderungan untuk mengisi perut.

5. Mendinginkan tubuh
Mengonsumsi air mentimun saat musim panas bisa membantu mendinginkan tubuh. Sayuran ini memang baik untuk menyejukkan tubuh melalui pencernaan anda.

6. Membangun otot
Buah mentimun memiliki kandungan silika cukup tinggi yang merupakan salah satu elemen yang bisa membantu jaringan otot anda sehat.

7. Mencegah kanker
Secangkir air mentimun mampu menyegarkan dan menyehatkan tubuh karena di dalamnya banyak terkandung vitamin, mineral, dan nutrisi lain. Ini seperti cucurbitacins yang mampu mencegah penyakit mematikan, kanker.

8. Atasi masalah pencernaan
Untuk anda yang bermasalah dengan konstipasi, anda bisa meminumsecangkir air mentimun sebelum sarapan untuk membantu mengurangi rasa sakit.

Itulah beberapa manfaat sehat dari mengonsumsi air mentimun yang penting untuk anda ketahui.

Meski mengonsumsi mentimun, baik dikonsumsi langsung atau dibuat menjadi jus menyehatkan tubuh, namun perlu diperhatikan untuk anda yang memiliki masalah kesehatan yaitu tekanan darah rendah. Pasalnya, sebagaimana yang disebutkan diatas bahwa mentimun bisa menurunkan tekanan darah. Karena itu, sebaiknya anda yang memang sudah bermasalah dengan tekanan darah rendah sebaiknya menghindari mengonsumsi buah ini.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

segarnya air mentimun
8 Manfaat Buah Mentimun untuk Kesehatan Tubuh | inicarak | 4.5