Loading...

8 Tanda-tanda Orang yang Sedang Sakit Hati

Sebagai salah satu organ tubuh manusia, menjaga kesehatan hati sangatlah penting. Karena organ ini mempunyai fungsi yang cukup krusial. Adapun hati bekerja untuk menawarkan dan menetralisir racun, mengatur sirkulasi hormon, mengatur komposisi darah yang mengandung lemak, gula, protein, dan zat lain. Karenanya bila ia tidak dijaga dengan benar maka seseorang akan beresiko mengalami gangguan penyakit yang kronis.

Dengan hati kita bisa melacak kondisi tubuh. Bila organ hati terganggu, maka resiko penyakit kronis akan berpeluang besar menyerang, seperti misalnya hepatitis, sirosis, batu empedu dan kanker hati.

Gejala & Tanda-tanda Orang yang Sedang Mengalami Sakit Hati

Adapun cara terbaik untuk mengatasi penyakit adalah dengan mendeteksi secara dini terhadap gejala yang muncul. Termasuk juga ketika adanya gangguan pada hati. Ketika seseorang pada akhirnya menerita penyakit hati, maka biasanya ia akan memunculkan gejala-gejala. Sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, berikut adalah 7 gejala penyakit hati yang mudah untuk dikenali:

loading...

1. Kulit kuning
Kulit tubuh yang berubah warna menjadi kuning menjadi salah satu ciri umum yang bisa dengan mudah diketahui ketika adanya gangguan pada hati. Fungsi utama organ hati yakni mencegah pembentukan racun atau disebut detoksifikasi tubuh. Karena fungsi ini tidak lagi terjadi, limbah tidak lagi dihilangkan dari tubuh. Pigmen yang disebut bilirubin terbentuk di aliran darah dan mengubah kulit dan mata tampak kekuningan.

2. Memar
Seperti disebutkan sebelumnya, hati memainkan peran utama memproduksi protein yang diperlukan untuk pembekuan darah. Pasien cenderung sering memar dan berdarah. Tapi pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter Anda, karena hal itu mungkin juga mengindikasikan penyakit lain.

3. Perut membengkak
Perut yang bengkak bisa mengindikasikan kondisi yang disebut asites, yang mana kondisi hati tidak mampu menyeimbangkan protein dan senyawa lainnya. Sebagai hasil dari ini, cairan terbentuk di jaringan perut yang menbuncit. Kondisi ini bisa jadi indikator baik untuk penyakit sirosis.

4. Hilang nafsu makan
Mual dan kehilangan nafsu makan adalah tanda awal penyakit hati. Dalam kasus hepatitis, orang terkena gejala mirip flu, yang meliputi ketidaknyamanan pencernaan. Pada stadium lanjut penyakit ini ditandai dengan rasa sakit di daerah tertentu dan mengalami perubahan penampilan.

5. Kelelahan
Sangat wajar usai beraktivitas Anda merasa lelah. Tapi kalau datangnya terus-menerus dampaknya karena tubuh lemah dan metabolisme memburuk. Pasien mungkin akan merasakan lelah sepanjang hari meski tak beraktivitas. Itulah tanda penyakit hati yang mudah dikenali salah satunya.

6. Nyeri perut
Dalam kasus sirosis hati, pasien akan mengalami nyeri di daerah perut, biasanya dimulai dari sisi kanan atas atau tepat di bawah tulang rusuk kanan. Biasanya nyeri berdenyut dan menusuk, sehingga pasien harus segera mencari pertolongan.

7. Muntah terus-menerus
Tanda pertama kerusakan hati adalah mual dan muntah. Dampaknya refleks karena organ hati punya penurunan fungsi. Maka sebelum terjadi Anda justru disarankan mencegahnya dengan menjalani gaya hidup sehat.

8. Perubahan kepribadian
Karena hati tidak dapat membuang racun ke luar tubuh, maka dapat menyebabkan akumulasi racun dalam aliran darah. Hal ini sering menyebabkan darah berpindah ke otak dan sangat mempengaruhi aspek kognitif. Anda akan melihat perubahan dalam kebiasaan tidur, tidak responsif dan sering lupa.

Loading...
8 Tanda-tanda Orang yang Sedang Sakit Hati | admin | 4.5