Loading...

9 Cara Mencegah Mata Kering

Mata kering menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada mata, seperti mata terasa lelah, pedih, kering, gatal, bengkak dan merah. Penyebab mata kering sendiri adalah karena tidak memadainya jumlah dan kualitas air mata. Misalnya karena penguapan air mata secara berlebihan karena faktor lingkungan; pembengkakan kelopak mata; atau tidak menyebarnya air mata pada permukaan mata.

Bila tidak segera ditangai, mata kering bisa menyebabkan infeksi yang lebih parah. Karena itulah, sebelum hal itu terjadi, alangkah baiknya bila anda segera melakukan langkah pencegahan. Berikut ini adalah langkah dan cara yang bisa dilakukan untuk mencegah mata kering, diantaranya:

1. Teteskan air mata buatan
Air mata buatan atau yang kita kenal dengan obat tetes mata, bisa digunakan untuk mengurangi rasa tidak nyaman dari mata kering

loading...

Tetes mata terbuat dari bahan-bahan seperti gliserin dan minyak alami, tetes mata bisa mengembalikan kelembaban pada mata. Berikan satu atau dua tetes pada setiap mata ketika anda merasa tidak nyaman. Jika perlu gunakan tetes mata empat kali sehari. Namun sebaiknya anda konsultasikan dulu pada dokter mata anda. Jika anda memakai lensa kontak, gunakan tetes mata khusus.

2. Berkedip lebih sering
Berkedip juga bisa membantu mengatasi mata kering. Saat berkedip, kelopak mata akan menyebarkan air mata ke seluruh mata, membersihkan debu, iritasi, dan juga bakteri yang ada pada mata.
3. Istirahatkan pandangan mata
Terlalu lama menonton tv atau bermain game komputer terlalu bisa menyebabkan mata kering. Karena itu, cobalah untuk mengistirahatkan mata dari layar komputer, televisi, telepon selular atau perangkat elektronik lainnya.

Anda juga bisa melakukan senam mata dengan cara setiap 20 menit, lihatlah objek sejauh 20 kaki, dengan 20 detik pandangan yang diarahkan ke objek yang berbeda.

4. Pasang humidifier
Kurangnya kelembaban udara di suatu ruangan bisa menyebabkan mata menjadi kering dan teriritasi.

5. Pakailah kacamata
Pada saat anda berada di luar ruangan atau di lingkungan yang berdebu, pakailah kacamata untuk melindungi mata dari iritasi. Paparan angin dan matahari juga bisa menyebabkan mata kering.

6. Minum banyak air
Sangat penting untuk mencukupi kebutuhan akan cairan. Meningkatkan asupan cairan bisa menjaga kelembaban tubuh, yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi air mata.

7. Jaga lensa kontak agar terhidrasi dengan baik
Pastikan anda mencuci bersih lensa kontak setiap hari sebelum anda pergi tidur. Pastikan juga bahwa tangan bersih saat akan menggunakan atau melepaskan lensa kontak.

8. Cukupi asupan vitamin
Makanlah asupan makanan yang kaya Vitamin A, C dan E, dan asam lemak Omega-3. Vitamin dan asam lemak tersebut akan memberikan mata nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap sehat dan terhidrasi dengan baik.

9. Tidur setidaknya tujuh jam setiap malam
Tidur adalah waktu bagi anggota tubuh anda untuk beristirahat. Cukup istirahat di malam hari memungkinkan stamina tubuh anda pulih serta membantu mata anda kembali lembap. Ketika mata anda tertutup saat tidur, kelopak mata anda akan mengisi bola mata anda dengan kelembaban yang dibutuhkan.

Loading...
9 Cara Mencegah Mata Kering | inicarak | 4.5