Loading...

9 Makanan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia

Seseorang disebut menderita anemia ketika jumlah sel darah merah atau yang dikenal dengan istilah hemoglobin di dalam darahnya berkurang atau rendah. Hemoglobin sendiri merupakan protein yang ada di dalam sel-sel darah merah yang membantu mengangkut oksigen ke berbagai penjuru tubuh. Oleh karena itu, penurunan tingkat hemoglobin tentu akan memberikan efek buruk untuk tubuh kita.

Anemia lebih sering terjadi pada wanita dan dapat disebabkan oleh hilangnya darah misalnya karena menstruasi, penghancuran sel darah dan kekurangan dalam produksi sel darah merah. Salah satu alasan utama untuk anemia adalah kekurangan zat besi, vitamin B12 dan asam folat dalam tubuh, selain gaya hidup yang buruk atau berbagai penyakit lainnya.

Makanan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia

Untuk mencegah anemia, maka kita bisa lakukan dengan cara mengonsumsi makanan untuk meningkatkan hemoglobin atau sel darah merah. Berikut ini adalah beberapa makanan untuk meningkatkan sel darah merah sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky. Diantaranya:

1. Seafood

Seafood adalah makanan terbaik yang dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Ikan adalah makanan super untuk melawan anemia. Ikan berlemak populer seperti salmon dan tuna serta makanan laut lainnya seperti tiram dan kerang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Mengonsumsi produk makanan setidaknya tiga kali sepekan dapat membantu Anda menghadapi anemia.

2. Bayam

Sayuran berdaun seperti bayam sangat membantu dalam memerangi anemia. Kaya sejumlah nutrisi seperti vitamin A, B9, C dan E, zat besi, serat, kalsium dan beta karoten, bayam benar-benar dapat menjadi pusat kekuatan nutrisi tubuh. Bahkan setengah cangkir bayam rebus dapat memenuhi 20% kebutuhan zat besi tubuh. Termasuk bayam dalam yang ada di salad hijau.

3. Telur

Salah satu bahan makanan untuk meningkatkan kadar hemoglobin harus disertakan adalah telur. Kaya protein dan antioksidan, telur membantu melestarikan vitamin dalam tubuh bila Anda menderita anemia.

Telur besar mengandung 1 mg zat besi. Makan telur rebus sehari pasti membuat anemia menjauh. Baik itu direbus, direbus setengah matang atau orak-arik bisa menambah sel darah merah.

4. Tomat

Vitamin C dalam tomat membantu dalam penyerapan zat besi. Tomat juga memiliki beta-karoten dan vitamin E yang membantu menyehatkan kulit dan rambut. Anda bisa mengonsumsi tomat mentah, jus tomat atau tomat yang dimasak dalam makanan.

5. Delima

Buah Delima merupakan sumber yang kaya zat besi dan vitamin C dan membantu dalam memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh serta meningkatkan konsentrasi hemoglobin dan menyembuhkan gejala anemia. Jus delima dapat menjadi bagian wajib dari diet harian Anda.

6. Daging Merah

Daging merah banyak mengandung zat besi yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh kita. Ginjal, jantung dan hati dari daging merah memberikan banyak zat besi dan vitamin B12. 3 ons daging dimasak memberikan 1-2,5 mg zat besi. Makan besi setidaknya dua atau tiga kali sepekan akan membantu mengalahkan anemia.

7. Kacang Kedelai

Kacang kedelai memiliki kandungan lemak yang rendah dan merupakan makanan protein tinggi untuk anemia. Penting untuk mempersiapkan kacang kedelai di rumah agar mendapatkan manfaat maksimal. Menjaga kacang kedelai direndam dalam air semalam untuk mengurangi kadar asam fitat, yang mengurangi penyerapan zat besi.

8. Apel

Apel juga membantu dalam meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh Anda. Apel mengandung vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi.

9. Kacang

Makanan lain yang kaya akan zat besi adalah selai kacang. Bagi mereka yang tidak suka rasa selai kacang, segenggam kacang panggang bisa menjadi alternatif.

Hanya dengan dua sendok makan selai kacang dapat memasok 0,6 mg zat besi. Minum segelas jus jeruk bersama dengan roti yang mengandung selai kacang membantu dalam penyerapan zat besi sehingga mencegah anda dari mengalami anemia.

Selain dengan mengonsumsi makanan untuk meningkatkan zat besi, untuk cara mencegah anemia juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen penembah darah yang saat ini sudah ada banyak di jual baik di toko obat atau apotik.

loading...
Loading...
9 Makanan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia | inicarak | 4.5