Loading...

Aerobik, Olahraga Tepat untuk Penderita Jantung

Olahraga yang tepat dapat membuat jantung Anda sehat. Bukan dengan olahraga lari, namun berjalan dengan kecepatan tetap.

“Lari jangan sembarangan. Bagi pasien jantung dan kolesterol, penting untuk memerhatikan jarak dan kecepatan. Jarak perlu ditambah tapi kecepatan harus tetap,” demikian seperti yang disampaikan oleh Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah RS Jantung Harapan Kita, Dr. H. Aulia Sani, Sp. JP (K) FJCC, FASCC, FICA yang ditemui oleh laman Liputan6.com pada acara Nutrafor CHOL di Kemang, Jakarta, Selasa (18/6/2013).

Kalaupun seseorang ingin berlari sebaiknya harus melakukan pemanasan terlebih dahulu, jalan cepat dan setelah lima menit baru boleh lari. Jadi jangan langsung berlari.

loading...

“Olahraga memang baik karena akan memicu HDL (High Desity Lipoprotein) atau kolesterol baik. Tapi jika dilakukan tidak benar, justru malah berbahaya,” jelasnya.

Seperti yang disebutkan oleh Dr Sani, jenis olahraga yang baik untuk pasien penderita sakit jantung dan kolesterol adalah aerobik. Karena tangan dan kaki semuanya bergerak sesuai ritme.

Lakukanlah olahraga secara teratur tiga kali seminggu. Jangan melakukan angkat beban jika bukan atlet karena tidak ada manfaatnya bagi orang biasa. Jika ingin membesarkan otot, cukup lakukan olahraga jogging atau berenang, demikian Dr Sani menambahkan.

Loading...
Aerobik, Olahraga Tepat untuk Penderita Jantung | inicarak | 4.5