Loading...

Agar Anak Terhindar dari Kegemukan, Ini Cara Mengatasinya

Kegemukan atau obesitas merupakan masalah yang dapat menyebabkan munculnya berbagai gangguan kesehatan seperti kencing manis, gangguan ginjal, disfungsi ereksi, gangguan mata, serangan jantung, hingga stroke.

Oleh karenanya, untuk menghindari obesitas, sejak kanak-kanak, cermati kecenderungan makan dan kondisi tubuh anak-anak kita. Membiasakan hidup sehat dengan pola makan dengan memberikan menu gizi yang seimbang merupakan langkah terbaik untuk menghindari kegemukan atau obesitas.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orang tua yang bermanfaat agar anak-anak kita terhindar dari kegemukan seperti dilansir Boldsky, Rabu (27/3/2013).

loading...

1. Sarapan sehat
Agar asupan makanan tidak ditumpuk dalam waktu tertentu, biasakan anak untuk makan pagi atau sarapan. Pemilihan makanan juga penting sangat penting. Untuk sarapan, cobalah seperti misalnya semangkuk sereal dengan susu lowfat. Untuk meningkatkan cita rasa, cobalah menambahkan buah-buahan seperti apel atau pisang. Bubur ragi adalah pilihan sarapan sehat dan bergizi untuk anak-anak obesitas.

2. Jus sehat
Hindarkan anak mengonsumsi minuman berkarbonisasi. Gantilah dengan minuman jus buah yang sehat seperti jeruk, semangka, pepaya, anggur dan apel. Minum segelas jus setiap pagi bersama sarapan juga dianjurkan. Jangan menambahkan gula saat membuat jus. Bila ingin manis, gunakan saja tambahan buah manis.

3. Beri sayur-sayuran
Banyak anak yang tidak menyukai sayur karena menganggap rasanya hambar. Oleh karenanya, agar anak mau makan sayur, cobalah memasak sayur dengan cara menumis, membuatnya menjadi sup, salad, atau pasta. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan sayur-sayuran dalam mi, nugget, atau bahan-bahan yang disukai si anak.

4. Kudapan sehat
Dua potong roti gandum dengan mentimun, tomat, dan bawang. Kurangi keju dan beri secangkir jus semangka, jeruk. Selain itu, Anda juga bisa memberi anak kudapan berupa kacang atau kedelai rebus juga pepes tahu.

5. Olahraga
Dorong anak agar mau bermain dan bergerak di luar ruangan. Untuk anak-anak obesitas, ajarkan anak Anda olahraga paling lama satu jam. Misalnya seperti aerobik yang dikhususkan untuk anak-anak atau bisa juga dengan berenang.

Loading...
Agar Anak Terhindar dari Kegemukan, Ini Cara Mengatasinya | inicarak | 4.5