Loading...

Agar Vagina Tetap Sehat Saat Menstruasi

Sebenarnya, tanpa dibersihkan pun vagina akan membersihkan dirinya sendiri secara alami. Untuk itulah, sebenarnya kita tidak perlu menggunakan pembersihan seperti douching untuk membersihkan vagina. Yang perlu kita lakukan adalah cukup dengan cara melakukan beberapa hal untuk membantu membersihkan tubuh dan organ intim pascamenstruasi berikut ini:

1. Minum banyak air putih
Minum air yang cukup akan membuat Anda tetap terhidrasi, khususnya selama periode menstruasi. Hidrasi membantu untuk menjaga kelembapan tubuh dan aliran darah yang normal. Hal ini membuat lebih mudah bagi vagina untuk membersihkan diri setelah periode Anda. Minum 6 sampai 8 delapan gelas air sehari seperti yang dianjurkan.

2. Ganti pembalut
Untuk membantu mengurangi bau yang muncul, gantilah pembalut atau tampon Anda setiap dua sampai empat jam. Selain mengurangi bau, sering mengganti pembalut juga akan membantu mencegah infeksi bakteri dan meningkatkan kebersihan.

loading...

3. Cuci Sekali sehari
Untuk membantu penurunan bau, cucilah daerah vagina dan kemaluan luar setidaknya sekali sehari. Anda mungkin bisa mencuci lembut daerah vagina Anda dengan air atau sabun ringan, atau menggunakan tisu bayi hypoallergenic, lakukan lebih sering jika Anda memiliki aliran menstruasi berat. Hal ini bisa membantu mencegah penumpukan bakteri yang menyebabkan bau atau setelah haid selesai.

Loading...
Agar Vagina Tetap Sehat Saat Menstruasi | inicarak | 4.5